Penyebab wifi lemot dan cara mengatasinya

Penyebab wifi lemot dan cara mengatasinya

Selama dua dekade, internet telah masuk dalam kehidupan manusia, namun tetap saja sering terjadi masalah wifi lemot. Berikut ini lima Penyebab wifi lemot dan cara mengatasinya.

Penyebab wifi lemot dan cara mengatasinya

  • Pencurian lewat internet
Penyebab wifi lemot dan cara mengatasinya
Penyebab wifi lemot dan cara mengatasinya

Salah satu hal terbaik tentang Wi-Fi ialah akses mudah yang disediakan ke internet. Namun, jika kata sandi jaringan Anda terlalu sederhana, mungkin akan banyak orang yang menyadapnya. Gunakan program gratis bernama Wi-Fi History View untuk meninjau setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Anda, dan cari alamat IP yang tidak Anda kenali.

Cegah hal tersebut dengan terlebih dahulu mengubah kata sandi untuk router. Jika Anda tidak tahu di mana menemukannya, sebuah situs bernama RouterPasswords dapat membantu Anda menemukan kata sandi default pabrikan. Dari sana, buat kata sandi yang rumit dan sulit ditebak.

  • Terlalu banyak yang pakai

Ini merupakan masalah di lingkungan atau pemukiman yang padat. Ketika terlalu banyak orang mencoba untuk terhubung pada saat yang sama pada saluran Wi-Fi yang sama, kecepatan koneksi sangat terpengaruh.
Ketika koneksi Anda melambat selama jam sibuk, biasanya di malam hari ketika semua orang libur kerja, itu merupakan tanda bahwa banyak yang menggunakan..
  • Peralatan yang usang
Router Wi-Fi tidak semuanya sama. Router yang dilengkapi fitur-fitur, atau router keluaran terbaru biasanya memiliki lebih banyak fitur dan menawarkan kinerja yang lebih baik. Jika Anda membeli router baru, itu mungkin lebih baik daripada router yang Anda gunakan sejak 5-10 tahun yang lalu.
  • Pengaturan keamanan router Anda
Selain melindungi jaringan dari penggunaan bandwidth yang tidak sah, yang dapat memperlambat jaringan tanpa sepengetahuan Anda, apakah Anda tahu bahwa jenis keamanan nirkabel yang Anda gunakan dapat memengaruhi keseluruhan kecepatan internet Anda juga?

Jika jaringan Anda Terbuka (tidak ada keamanan) atau menggunakan WEP, segera ubah pengaturan keamanannya. Tentunya, jaringan terbuka akan memudahkan seseorang untuk mencuri Wi-Fi Anda, dan keamanan WEP yang lama mudah diretas.

Ada beberapa pilihan seperti WPA, WPA2 dengan TKIP atau WPA2 dengan AES.

WPA dan TKIP sebaiknya Anda hindari. Tidak hanya protokol ini lebih tua dan tidak aman, itu dapat memperlambat jaringan Anda.
Pilihan terbaik ialah WPA2 dengan AES. AES adalah pengaturan yang lebih baru dan lebih aman yang memungkinkan Anda mencapai kecepatan yang lebih tinggi. 
  • Terlalu jauh dari jangkauan
Router tidak dirancang untuk mengirimkan sinyal jarak jauh, sehingga mungkin ada hot spot dan zona yang tidak terjangkau di rumah Anda.
Untuk memetakan jaringan Anda, gunakan alat yang disebut HeatMapper. Ini membantu Anda melihat di mana sinyal Wi-Fi terkuat di rumah atau kantor Anda. HeatMapper merupakan dapat didownload gratis untuk pengguna Windows. NetSpot merupakan alternatif yang baik untuk pengguna Mac.
Setelah Anda mengidentifikasi masalah di rumah Anda, Anda memiliki beberapa opsi yang tersedia. Salah satu pilihannya ialah membeli adaptor Wi-Fi yang dapat meningkatkan jangkauan transmisi router Anda. 

Demikianlah Penyebab wifi lemot dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.
Advertisement
This Is The Newest Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar