Cara menghilangkan rasa malas dalam shalat

Cara menghilangkan rasa malas dalam shalat

Cara menghilangkan rasa malas dalam shalat
Cara menghilangkan rasa malas dalam shalat

Sholat merupakan rukun Islam yang kedua. Semua muslim yang berada di seluruh dunia wajib melaksanakan sholat fardhu 5 waktu. Jika seorang muslim melalaikan dan meninggalkan sholat fardhu tersebut dengan sengaja, maka akan mendapatkan dosa yang besar. Terkadang ada saja seseorang yang mengaku beragama islam, namun tidak pernah melaksanakan sholat karena rasa malas pada dirinya. Bagi Anda yang suka merasakan rasa malas untuk melaksanakan sholat, mungkin Anda bisa melakukan beberapa cara untuk menghilangkan rasa malas dalam shalat.


Cara menghilangkan rasa malas dalam shalat


Tanamkan Niat Kuat Dalam Hati
Segala sesuatunya bisa terjadi lantaran adanya niatan yang sangat kuat dari dalam hati, baik itu sesuatu yang positif maupun sesuatu yang negatif. Segala sesuatunya harus diawali dengan niat. Jadi kita harus menanamkan niat di dalam diri untuk melaksanakan ibadah sholat supaya mendapatkan ridho dari Alloh SWT. Yakini juga di dalam hati Anda jika Anda meninggalkan kewajiban sholat tersebut, maka Anda akan mendapatkan dosa yang besar berupa siksaan yang berat kelak di akhirat nanti. Dengan menanamkan niat tersebut, maka Anda akan bersemangat untuk melaksanakan ibadah sholat fardhu 5 waktu tersebut.

Baca juga: 9 tips agar anak rajin sholat

Imbangi dengan Kebiasaan Positif
Bisa karena terbiasa, pepatah tersebut dapat ditanamkan pada diri Anda. Segala Aktivitas yang Anda lakukan bisa dibarengi dengan kegiatan lainnya yang bersifat positif sehingga menambah semangat Anda dan terhindar dari rasa malas. Misalnya, jika Anda laki–laki, Anda bisa melaksanakan sholat fardhu berjamaah di mesjid maupun mushola terdekat. Jika Anda lakukan rutin setiap harinya, maka Anda akan merasa aneh atau ada yang kurang jika Anda tidak sholat berjamaah di mesjid maupun mushola terdekat.

Jangan Menunda–nunda Waktu Sholat
Jika Anda mendengar kumandang suara Adzan, maka waktu untuk melaksanakan sholat pun telah tiba. Maka semua aktivitas yang sedang Anda lakukan sebaiknya tinggalkan sejenak untuk melaksanakan sholat dan segeralah bergegas untuk pergi ke mesjid atau mushola terdekat untuk sholat berjamaah.  Jangan pernah menunda–nunda waktu untuk melaksanakn sholat dengan alasan karena Anda sedang sibuk dengan kegiatan Anda ataupun karena merasa tanggung dengan pekerjaan Anda yang sedikit lagi akan selesai. Alasan–alasan seperti itulah yang membuat Anda sering menunda–nunda waktu untuk sholat sampai– sampai Anda lama–kelamaan akan merasa lupa untuk melaksanakan sholat. Hal tersebutlah yang membuat Anda sering meninggalkan waktu sholat. Segeralah melaksanakan Sholat ketika Anda mendengar Adzan supaya hati dan pikiran Anda pun menjadi tenang. Dengan hati dan pikiran yang tenang tersebut, maka Anda pun akan bekerja dengan nyaman, karena tidak terbebani lagi untuk melaksanakan sholat. Ataupun jika Anda sedang berada dalam perjalanan, berhentilah sejenak untuk melaksanakan sholat terlebih dahulu. 

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar