Cara Mencegah Ponsel Panas

Cara Mencegah Ponsel Panas

Cara Mencegah Ponsel Panas
Cara Mencegah Ponsel Panas

Di zaman yang serba canggih ini menjadikan ponsel sebagai barang yang wajib dibawa. Ponsel memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan benar. Antara lain, untuk berkomunikasi dalam jarak jauh, untuk memudahkan mencari informasi ataupun sebagai penghilang stres dengan bermain game. Oleh karena itu, ponsel menjadi barang yang penting untuk dimiliki. Pada artikel kita kali ini, kami akan membahas menganai Cara Mencegah Ponsel Panas.

Kebanyakan umat manusia sekarang lebih memilih menggunakan HP Android atau smartphone. Smartphone terdiri dari banyak jenis menurut sistem operasi, ciri–ciri fisik ataupun kecanggihan teknologinya. Harga yang diberikan pun berbeda–beda, mulai dari harga rendah atau entry-level, harga sedang atau mid-range, dan harga tertinggi atau high-end. Namun, tidak peduli apapun tingkatnya semua ponsel dari kelas bawah sampai kelas atas dapat menjadi panas.

Ponsel yang kita miliki sering kali menjadi panas ketika kita gunakan. Hal itu terjadi karena getaran dari hardware ponsel. Seperti saat kita bergerak, semakin sering kita bergerak semakin panas tubuh kita karena getaran menimbulkan panas. Begitu juga dengan ponsel, hardware di dalam ponsel akan bergetar ketika ia “berpikir” sehingga lama–kelamaan timbul panas dari “tubuhnya”. Ketika ponsel kita menjadi panas, kerja dari ponsel kita pun akan menjadi lebih lambat dan lambat laun ponsel kita akan menjadi rusak.

Sebenarnya apa yang menyebabkan ponsel dapat menjadi panas? Seperti yang sudah kita jelaskan di atas, ponsel dapat menjadi panas karena pergerakan hardware di dalamnya. Ponsel menjadi semakin panas karena gerakan semakin sering terjadi. Contohnya, ketika kita bermain game, ponsel yang kita gunakan dituntut untuk bekerja keras yang kebanyakan berasal dari unit pusat dan pengolahan grafis. Baik unit pusat ataupun pengolahan grafis berasal dari System on Chip atau SoC, yaitu perpaduan seluruh komponen HP yang terdapat dalam satu tempat yang disebut chip sehingga seluruh komponen yang berada di chip itu juga ikut bergerak atau bergetar dan menghasilkan panas. Jangan lupa bahwa panas dapat bergerak ke media lain yang berdekatan.

Baca juga: Cara Memeriksa Aplikasi yang Memakan Daya Baterai pada Ponsel Android

Sebenarnya SoC sendiri telah dirancang untung tidak mudah menjadi panas. Namun, karena overload pada hardware membuat smartphone mudah menjadi panas. Smartphone dipaksa terus bekerja tanpa berhenti merupakan salah satu faktor smartphone menjadi lebih panas. Apabila HP benar–benar panas, SoC akan mematikan seluruh proses pada smartphone Anda untuk melakukan pendinginan. Apabila terjadi overheat terlalu lama, bisa menyebabkan kerusakan pada chip smartphone.

Selain itu, menggunakan aplikasi multitasking juga membuat HP lebih panas. Seperti ketika bermain game, kemudian menggunakan GPS, Maps atau Waze kemudian membuka aplikasi chatting. Menggunakan widget terlalu banyak juga membuat HP cepat menjadi panas. Ketika smartphone panas, kemampuan prosesor untuk mengoperasikan smartphone menjadi lebih lambat.

Dalam sebuah smartphone, kebanyakan memakai baterai isi ulang jenis lithium-ion, yang merupakan baterai isi ulang terbaik saat ini. Meski begitu, baterai lithium-ion masih memiliki dua kelemahan. Pertama, kualitasnya akan tetap menurun meski tidak digunakan. Kedua, baterai ini tidak tahan panas. Jadi, jika HP Anda mengalami panas berlebihan, hal ini akan berdampak juga pada baterai Anda sehingga dapat mengurangi umur baterai itu sendiri. Biasanya baterai lithium-ion bisa tahan sampai 3 tahun.

Cara Mencegah Ponsel Panas


Bagaimana agar HP tidak cepat panas?

Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan agar HP Anda tidak cepat panas.

Pertama, jangan menggunakan smartphone dalam keadaan sedang dicharge. Karena hal ini membuat smartphone kita bekerja sangat ekstra sehingga meningkatkan intensitas panas smartphone.

Kedua, jangan lupa mencharge smartphone ketika baterai tinggal 30%. Cara ini juga dapat memperpanjang usia baterai.

Ketiga, mengantisipasi pemanasan di SoC. Caranya, jangan menggunakan aplikasi multitasking, jangan memainkan game atau menonton video terlalu lama, jangan mengaktifkan bluetooth terlalu lama, gunakan WiFi hanya pada koneksi yang stabil.

Keempat, jangan lupa istirahatkan ponsel Anda. Seperti manusia, ponsel pun juga butuh istirahat. Jika dipaksa kerja terus tanpa henti, akan menimbulkan panas yang dapat merusak komponen–komponen pada ponsel tersebut.

Dan yang terakhir, hindarkan ponsel Anda dari paparan panas sinar matahari. Karena ponsel kita dapat terkena radiasi panas sinar matahari.

Demikianlah Cara Mencegah Ponsel Panas, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar