Resep Minuman Cokelat Sehat Bebas Lemak

Resep Minuman Cokelat Sehat Bebas Lemak

 

Cokelat merupakan salah satu makanan favorit yang sangat digemari oleh banyak kalangan terutama anak-anak dan kaum hawa. Biji buah kakao ini bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan dan minuman yang lezat. Selain rasanya yang nikmat, cokelat juga memiliki efek menenangkan, mengembalikan konsentrasi, dan menyegarkan badan seperti kopi, tetapi dengan kadar kafein yang lebih rendah dari kopi.

Tetapi selama ini terdapat mitos yang salah tentang cokelat. Cokelat dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi dan bisa menyebabkan kegemukan serta sakit gigi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentunya tidak benar, karena biji kakao asli justru mengandung banyak mineral penting yang sangat baik bagi kesehatan jantung, pencegahan penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, kanker serta bermanfaat untuk sebagai pengangkal radikal bebas.

[caption id="attachment_3266" align="aligncenter" width="630"]resep minuman coklat sehat resep minuman coklat sehat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Banyak orang belum memahami jika kegemukan bukan disebabkan oleh cokelatnya, tetapi karena gula, krim, susu, mentaga dan bahan lain yang dicampurkan ke dalam olahan cokelat. Anda ingin menikmati cokelat tanpa harus merasa kuatir akan menimbun lemak dan menyebabkan berat badan naik, anda bisa mencoba resep minuman cokelat sehat dan bebas lemak di bawah ini.

Resep minuman coklat sehat


Resep minuman coklat sehat ini terdiri dari dua bagian, yaitu minuman cokelat itu sendiri dan krimer bebas lemak sebagai topingnya. Bahan-bahan untuk minuman cokelat ialah 1,5 buah pisang yang sudah cukup matang yang telah dikupas dan didinginkan, 1 sendok makan cokelat bubuk, ½ cangkir susu almond atau susu cair rendah lemak, ¼ sendok teh kayu manis dan ½ sendok teh vanili. Sedangkan untuk topingnya siapkan 1 cangkir santan, 2 sendok teh madu sebagai penambah rasa, ½ sendok teh vanili dan garam secukupnya. Kemudian pindahkan ke dalam gelas.

Langkah selanjutnya ialah campur semua bahan untuk minuman cokelat (bukan termasuk bahan untuk toping) ke dalam blender dengan kecepatan penuh dan blender sampai teksturnya menjadi lembut dan tercampur dengan sempurna. Tambahkan susu almond, dan blender lagi sebentar sampai susu tercampur rata. Masukkan toping dalam wadah tertutup kemudian simpan dalam kulkas.

Terakhir ialah membuat toping bebas lemak, caranya ialah  masukkan ke dalam wadah mangkuk semua bahan, yaitu santan, madu, vanili dan garam kemudian aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan teksturnya menjadi krimi mirip dengan krim untuk menghias kue. Ambil toping secukupnya, taruh di atas minuman cokelat dan siap dinikmati.

Demikianlah resep minuman coklat sehat, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar