Tips Menyegarkan Badan Dengan 5 Resep Infused Water

Tips Menyegarkan Badan Dengan 5 Resep Infused Water

Infused water sempat menjadi tren beberapa waktu yang lalu seiring dengan semakin banyak jumlah orang yang mulai peduli dengan kesehatannya. Infused water adalah air putih atau air mineral yang dimasukkan berbagai macam buah dan sayuran ke dalamnya, sehingga diharapkan dengan meminumnya, kita tidak hanya mencukupi kebutuhan cairan tubuh tetapi juga mendapatkan manfaat vitamin, mineral dan yang lainnya dari buah dan sayur. Infused water juga bisa menjadi solusi tepat bagi mereka yang tidak terlalu suka minum air putih agar tidak tergantung kepada minuman lain yang belum tentu baik bagi tubuh, seperti soda atau minuman energi.

Banyak diklaim fungsi infused water ialah sebagai detoksifikasi dan juga bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh. Meskipun hal tersebut belum bisa dibuktikan secara medis dan belum ada penelitian lebih lanjut, tetapi salah satu manfaat infused water yang hampir bisa dipastikan ialah membantu menyegarkan badan. Dalam kondisi tertentu, terutama setelah kita melakukan aktivitas fisik, badan akan mengeluarkan banyak keringat sehingga perlu segera diberikan cairan/ minuman untuk menyegarkan kembali badan kita. Kebutuhan cairan pada orang dewasa ialah sebanyak 8-10 gelas air, sedangkan anak-anak sekitar 5-8 gelas air setiap hari.

[caption id="attachment_3167" align="aligncenter" width="630"]resep infused water resep infused water (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Mungkin sebenarnya anda ingin juga membuat infused water untuk menyegarkan badan anda, tetapi anda masih bingung apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam infused water yang hasilnya akan optimal. Anda bisa mulai dengan 5 resep infused water di bawah ini:

  1. Lemon Timun


Sediakan 1 liter air matang/ air mineral dalam botol, 1 buah jeruk lemon, 1 buah mentimun, ¼ cangkir daun mint (atau sesuai selera). Cuci lemon, mentimun dan daun mint, kemudian iris-iris lemon dan mentimun. Masukkan semua bahan ke dalam air mineral kemudian simpan dalam kulkas, biarkan setidaknya selama 1 jam agar rasa dari buah keluar. Setelah itu, infused water siap dikonsumsi.

  1. Berry Nipis


Siapkan 1 cangkir buah berry apa saja (stawberry, blueberry, raspberry, blackberry), 1 buah jeruk nipis, dan daun mint. Cuci semua bahan, kemudian iris buah yang akan diinfus lalu masukkan ke dalam botol berisi 1 liter air putih/ air mineral. Simpan dalam kulkas minimal 1 jam baru bisa dikonsumsi.

  1. Blueberry Jeruk


Cuci dan iris-iris 1 buah jeruk apa saja (keprok, mandarin, santang, dan lainnya), ambil 1 cangkir buah blueberry, cuci. Masukkan jeruk dan blueberry ke dalam 1 liter air mineral, masukkan dalam botol kemudian simpan di dalam kulkas selama minimal 1 jam sebelum anda minum.

  1. Jeruk Combo


Infused water jeruk kombo ini menggunakan beberapa jenis buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis, jeruk mandarin atau anda bisa menggantinya dengan jenis buah jeruk yang anda sukai. Cucilah semua buah kemudian iris-iris. Masukkan buah ke dalam 1 liter air mineral, simpan dalam kulkas setidaknya selama 1 jam dan setelah itu anda bisa meminumnya untuk menyegarkan badan anda.

  1. Pome Strawberry


Ambil satu liter air mineral, masukkan ke dalam botol. Ambillah 1 buah delima, kupas, ambil buahnya dengan sendok dan masukkan ke dalam air mineral. Tambahkan 1 cangkir buah strawberry yang telah dicuci dan diiris-iris ke dalam air mineral tadi. Simpan dalam kulkas selama 1 jam, setelah itu anda bisa gunakan sebagai minuman yang akan menyegarkan badan anda kembali.

Selamat mencoba.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar