Resep Sup Ketela Rambat Gurih Dan Lezat

Resep Sup Ketela Rambat Gurih Dan Lezat

Sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, ketela rambat sudah sangat dikenal oleh masyarakat kita. Bahkan sekarang ini semakin banyak saja makanan dan cemilan yang merupakan hasil olahan dari ketela, terutama kelela rambat yang berwarna ungu. Bakpau, bakpia, keripik, egg rolls merupakan contoh-contoh jajanan yang bisa dibuat dengan bahan dasar ketela rambat dan sudah banyak dipasarkan. Untuk yang masih tradisional, kita bisa menikmati timus ketela, ketela rebus atau ketela goreng yang nikmat disantap sore hari sebagai teman minum teh.

Tapi apakah anda pernah mencoba makan sup dari ketela rambat? Atau malah anda sama sekali tidak pernah berpikir bahwa ternyata ketela rambat bisa dijadikan sup yang gurih dan lezat. Selain mengenyangkan tanpa membuat gendut, karena kalorinya yang cukup rendah, ketela rambat juga mengandung banyak zat gizi yang diperlukan oleh tubuh seperti betakarotin, kolin, serat dan kalium. Ketela rambat atau ubi jalar juga bisa melawan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes, serta membantu pencernaan.

[caption id="attachment_3224" align="aligncenter" width="630"]Resep Sup Ketela Rambat Resep Sup Ketela Rambat (Ilustrasi/By Poerosrojusam (Own work) [CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons)[/caption]Jika anda tertarik untuk mencoba memasak sup ketela rambat yang rasanya gurih dan lezat, anda bisa mengikuti resep di bawah ini, dan anda akan mendapatkan 4 porsi sup ketela rambat lezat.

  1. Bahan-bahan



  • 2 sendok makan minyak zaitun

  • 2 ketela rambat ukuran besar, kupas dan potong-potong

  • 1 bawang bombay ukuran kecil, iris-iris

  • 1 bungkus bumbu kaldu

  • Garam, pala bubuk, cengkeh dan lada hitam sesuai selera

  • 1 cangkir whipped cream (bisa dibeli di swalayan)



  1. Cara Memasak



  • Panaskan minyak zaitun (panas sedang) dalam panci, kemudian masukkan ketela, masak selama 5 menit (bisa ditambahkan sedikit air jika anda takut gosong). Tambahkan irisan bawang bombay dan bumbu lainnya (garam, lada, pala dan cengkeh) kemudian masak lagi selama 5 menit. Masukkan bumbu kaldu, masak sampai ketela menjadi lembut/ lunak.

  • Angkat dan masukkan ke dalam blender, tambahkan whipped cream dan blender sampai lembut. Tuangkan dalam wadah dan sajikan. Anda bisa menambah dengan lada atau minyak zaitun sesuai selera anda dan sup ketela rambat yang gurih dan lezat siap untuk dinikmati.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar