Resep Selai Kacang Gurih Yang Membuat Ketagihan

Resep Selai Kacang Gurih Yang Membuat Ketagihan

Anda mungkin termasuk orang yang terbiasa sarapan pagi dengan roti yang diberi toping selai. Bermacam-macam selai yang bisa anda pilih untuk menambah rasa roti anda, dari selai cokelat, selai kacang dan selai dari aneka buah-buahan. Tetapi mungkin selama ini anda merasa kurang pas dengan cita rasa pada selai yang ada di pasaran, atau merasa bosan dengan merk yang itu-itu saja, anda bisa membuat sendiri selai untuk roti anda.

Salah satu resep yang bisa anda coba ialah selai kacang, dengan cara yang tidak terlalu sulit anda bisa dapatkan selai kacang yang gurih dan membuat anggota keluarga anda ketagihan. Selain bisa membuat roti anda lebih gurih, selai kacang juga enak dimakan begitu saja tanpa ditambahkan apapun. Anda juga bisa memilih bahan yang baik dan berkualitas, sehingga selai kacang yang dihasilkan juga akan lebih sehat bagi tubuh anda, terutama bagi anda yang mungkin memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu seperti pengawet.

[caption id="attachment_3248" align="aligncenter" width="630"]Resep Selai Kacang Resep Selai Kacang (Illustrasi/pixabay)[/caption]

Yang perlu anda pertimbangkan sebelum membuat selai kacang sendiri ialah apakah anda akan menggunakan kacang yang sudah siap untuk digunakan atau kacang tanah mentah yang anda goreng sendiri. Jika anda memilih untuk membeli kacang yang sudah siap pakai, anda sebaiknya memilih yang kandungan garamnya tidak terlalu banyak atau tidak ada sama sekali.

Bahan-bahan:

  • 1,5 kilogram kacang tanah yang telah dibersihkan kulit arinya dan digoreng atau kacang panggang dalam kemasan siap pakai.

  • 1 sendok teh garam

  • 1,5 sendok teh madu

  • 1,5 sendok teh minyak kacang

  • ¼ sendok teh mentega dan 1/8 sendok teh merica


Cara Membuat

  1. Masukkan kacang, garam dan madu ke dalam mangkok blender atau food processor anda.

  2. Giling selama satu menit, dan aduk adonan yang menempel di sisi bawah mangkok agar bisa tercampur dengan yang lainnya.

  3. Tambahkan minyak kacang, mentega dan merica.

  4. Lanjutkan menggiling sampai minyak dari kacang keluar dan adonan menjadi lembut.

  5. Matikan blender atau food processor, keluarkan adonan dan pindahkan dalam wadah yang telah disiapkan. Anda bisa menggunakan tempat selai bekas yang anda miliki. Selai kacang gurih buatan anda ini bisa tahan hingga 2 bulan jika anda simpan di dalam kulkas / refrigerator.


Selamat mencoba.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar