Inilah 5 Langkah Mudah Membuat Pengharum Toilet

Inilah 5 Langkah Mudah Membuat Pengharum Toilet

Konon katanya, kalau mau tahu seberapa peduli penghuni sebuah rumah terhadap kebersihan, maka lihatlah bagaimana kondisi kamar mandi atau toiletnya. Kamar mandi atau toilet merupakan bagian paling “jorok” dari sebuah rumah, sehingga jika tempat tersebut bersih, maka hampir bisa dipastikan bagian rumah yang lainnya juga relatif bersih. Toilet yang kotor, selain tidak nyaman, juga biasanya akan disukai oleh binatang menjijikan seperti kecoa yang akan senang hidup di sana.

Salah satu indikator bahwa toilet rumah anda termasuk bersih ialah toilet anda bebas dari bau yang tidak sedap. Memang terkadang karena suatu kondisi toilet menjadi beraroma tidak enak, maka diperlukan untuk memasang pengharum pada toilet anda yang gunanya akan menyamarkan atau menghilangkan bau tidak sedap. Mungkin anda termasuk orang yang sudah mencoba banyak jenis pengharum toilet, tetapi belum ada yang bisa dengan sempurna mengusir bau tidak sedap dari toilet.

[caption id="attachment_3157" align="aligncenter" width="556"]cara membuat pengharum toilet cara membuat pengharum toilet (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Saatnya anda berinovasi dan tidak tergantung pada produk pengharum toilet yang ada di pasaran. Membuat sendiri pengharum toilet tentunya akan lebih ekonomis dan mungkin justru hasilnya lebih memuaskan anda. Cukup mudah untuk membuat pengharum toilet sendiri dan bahannya juga tidaklah mahal.

Cara membuat pengharum toilet



  1. Siapkan baking soda, kemudian masukkan 1 cangkir baking soda ke dalam mangkok ukuran sedang.

  2. Tambahkan dengan ¼ cangkir asam sitrat/ sitrun sir/ citric acid yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat manisan.

  3. Tambahkan 1,5 cangkir sabun Castille atau sabun cair yang mengandung minyak zaitun atau minyak nabati lainnya, seperti minyak kelapa dan lainnya.

  4. Campurkan semua bahan dengan cara mengaduknya dengan cepat. Aduk sampai teksturnya bisa untuk dicetak atau dibentuk.

  5. Siapkan pencetak es batu yang anda miliki. Ambil dengan sendok atau tangan satu bagian campuran sabun tadi dan masukkan ke dalam cetakan es batu, isi sampai penuh seperti kalau akan membuat es batu.

  6. Diamkan adonan pengharum toilet berada di cetakan es selama semalaman untuk membuatnya lebih keras.

  7. Jika sudah semalaman, lepaskan pengharum toilet dari cetakan es batu secara pelan-pelan dan hati-hati agar tidak patah.

  8. Ambil satu buah pengharum toilet dan masukkan ke dalam lubang kloset anda. Anda juga bisa meletakkannya di bagian tertentu dalam toilet anda.

  9. Simpan sisanya dalam wadah yang kering dan tertutup, gunakan lagi jika yang lama sudah mulai habis.


Demikianlah cara membuat pengharum toilet, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar