Ingin Makan Sehat Dengan Harga Hemat? Lakukan 9 Trik Ini

Ingin Makan Sehat Dengan Harga Hemat? Lakukan 9 Trik Ini

Belakangan ini tren makanan sehat semakin digemari oleh masyarakat, terutama mereka dari kalangan menengah ke atas. Semakin banyaknya penyakit mematikan yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat termasuk pemilihan makanan menjadi salah satu faktor mengapa makanan sehat semakin dicari. Meskipun makanan sehat bukanlah segalanya, tetapi setidaknya dengan lebih berhati-hati dalam memilih  makanan untuk dikonsumsi, sudah mengurangi peluang kita untuk terkena penyakit tertentu yang tidak diinginkan.

Tetapi memang harus diakui bahwa kebanyakan makanan yang diklaim sebagai makanan yang sehat memiliki harga yang cukup menguras dompet. Sedangkan mungkin anda harus menghemat pengeluaran bulanan dikarenakan oleh sebab dan kondisi tertentu. Anda mungkin sudah menetapkan anggaran untuk makanan setiap bulannya dan itu tidak mencukupi jika anda ingin mulai konsumsi makanan sehat sehingga membuat anda ragu untuk melakukannya.

[caption id="attachment_3217" align="aligncenter" width="630"]makanan sehat dan hemat makanan sehat dan hemat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Sebenarnya harga bukanlah segalanya, tidak bisa menjadi patokan bahwa makanan tersebut sehat atau kurang sehat. Anda hanya perlu mencari akal bagaimana caranya agar anda tetap bisa memulai konsumsi makanan sehat tetapi dengan harga yang hemat.

  1. Hindari Makanan Olahan


Mulailah dengan tidak membeli produk makanan olahan, jika anda ingin bisa makan sehat dengan harga hemat. Makanan olahan meskipun ada beberapa jenis yang cukup sehat bagi tubuh, tetapi tentunya harganya juga cukup mahal dan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Lebih baik anda langsung membeli bahan makanan segar, selain lebih murah juga akan lebih sehat.

  1. Nikmati Makan Tanpa Produk Hewani


Membeli barang dalam jumlah yang banyak akan lebih murah dan hemat anggaran daripada anda membelinya dalam jumlah kecil. Bahan makanan yang memang memiliki daya simpan yang cukup lama, bisa anda beli dalam partai besar dan anda bisa menyimpannya di rumah. Bahan makanan seperti beras, gula dan minyak sayur bisa anda simpan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga anda akan lebih hemat.

  1. Belilah Sepotong Daging


Makan sehat dengan harga yang hemat bukan berarti anda tidak membeli produk daging sama sekali. Sesekali belilah sepotong daging dan pilihlah pada bagian yang cukup baik untuk kesehatan, seperti daging dada ayam tanpa lemak atau daging sapi has dalam sehingga anda akan mendapatkan asupan protein hewani yang sehat tapi dengan harga yang masih bisa dikatakan hemat.

  1. Belilah Produk Organik


Bahan makanan organik penting bagi anda yang ingin memilih makanan sehat, jadi belilah makanan organik selama harganya tidak mahal dan masih masuk dalam budget anda. Ada beberapa jenis bahan makanan organik yang harganya cukup terjangkau, seperti buah-buahan dan sayuran (bayam, seledri, kentang) atau juga telur ayam.

  1. Pintar Memilih Tempat Berbelanja


Makanan yang sehat dimulai dari bagaimana anda memilih bahan makanan yang baik. Bahan makanan yang masih segar tentunya akan lebih baik dan sehat dibandingkan dengan bahan makanan yang telah melalui penyimpanan beberapa lama. Dan tempat yang tepat untuk bisa mendapatkan bahan makanan yang masih segar terutama untuk daging dan ikan ialah di pasar tradisional, bukan di swalayan atau minimarket modern.

  1. Masaklah Sendiri Makanan Anda


Jika anda termasuk orang yang selama ini lebih sering membeli makanan di luar rumah, maka mulailah untuk menyempatkan waktu memasak sendiri makanan anda. Membuat dan memasak makanan dan juga cemilan di rumah anda sendiri pastinya akan jauh lebih sehat, karena anda bisa memilih sendiri kualitas bahannya dan juga memasak dengan cara yang lebih baik. Memasak makanan dengan cara yang benar akan menjaga kandungan gizi di dalam suatu bahan makanan.

Dengan memasak sendiri, anda juga pastinya akan lebih hemat, karena anda tidak perlu membayar pajak restoran dan biaya yang lainnya.

  1. Gunakan Voucher


Jangan sungkan untuk mencari dan menggunakan voucher belanja dari swalayan agar anda bisa lebih hemat. Belilah bahan makanan yang sehat dengan menggunakan kupon atau voucher potongan harga yang anda miliki dan anda akan menghemat uang anda.

  1. Tanam Sayuran Dan Buah


Mengapa anda tidak mencoba untuk mempergunakan halaman atau kebun rumah anda sebagai lahan untuk menanam sayuran dan buah-buahan. Jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas di rumah anda, maka anda dapat menanamnya di polybag atau pot sehingga tidak akan memerlukan tempat yang luas. Selain hemat, dengan menanam sendiri, anda akan selalu mendapatkan buah dan sayur yang masih segar untuk anda konsumsi, tentunya akan lebih sehat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar