5 Trik Cerdas Membersihkan Kulkas

5 Trik Cerdas Membersihkan Kulkas

Salah satu perabotan rumah tangga di dalam rumah kita yang sangat mudah menjadi kotor dan baunya tidak sedap ialah kulkas atau lemari es. Hal ini disebabkan oleh banyaknya bahan makanan yang berbeda jenisnya yang disimpan di dalam kulkas. Sementara jika anda tidak rajin membersihkan kulkas anda, selain akan membuat kinerja kulkas dalam mengawetkan dan mendinginkan makanan, juga akan membuat makanan atau minuman yang anda simpan di dalamnya akan tertular bau yang tidak semestinya.

Anda tentunya tidak ingin makanan dan minuman yang anda simpan di kulkas malah kehilangan kesegarannya hanya karena anda jarang atau tidak tahu bagaimana cara untuk membersihkan kulkas dengan benar. Anda bisa temukan solusinya sekarang, ikuti trik cerdas dalam membersihkan kulkas anda berikut ini. Sebelumya anda siapkan dulu semua peralatan yang diperlukan untuk membersihkan kulkas anda, yaitu cairan pencuci piring, ember, baking soda, rak, handuk atau serbet bersih yang bisa menyerap air dengan baik.

  1. Lepaskan kabel daya kulkas dari stop kontak listrik terlebih dahulu agar anda bisa membersihkannya dengan lebih aman. Siapkan cairan pencuci piring yang dicampurkan dengan air hangat.

  2. Bukalah kulkas anda dan keluarkan dulu seluruh isinya, sekalian anda periksa apakah ada makanan atau minuman yang sudah tidak layak untuk disimpan lagi lebih lama/ kadaluarsa, singkirkan dan buang. Perhatikan baik-baik, jika tercium bau kurang sedap dari dalam kulkas anda maka carilah sumber dari bau tersebut yang mungkin berasal dari makanan, minuman dan juga barang lain yang ada di dalam kulkas, segera buang jika anda sudah menemukannya. Ulangi hal yang sama untuk freezer anda.


[caption id="attachment_3238" align="aligncenter" width="630"]cara membersihkan kulkas cara membersihkan kulkas (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Keluarkan rak-rak yang ada di dalam kulkas, cuci dengan air hangat yang telah dicampur dengan cairan pencuci piring tadi. Bilas dengan air dingin kemudian letakkan di rak untuk dikeringkan. Lap rak kulkas dengan menggunakan handuk atau serbet kering agar proses pengeringannya lebih cepat.

  2. Untuk membersihkan bagian dalam lemari es, campurkan 2 sendok makan baking soda dengan satu gayung air hangat. Gunakan campuran air dan baking soda tersebut untuk membasuh seluruh bagian dalam kulkas termasuk di sela-sela lampu dan bagian-bagian lain dalam kulkas, seperti pintu kulkas. Pastikan semua bagian sudah anda bersihkan. Jika ada bagian yang masih kotor atau berkarat, anda bisa menggosoknya dengan menggunakan baking soda. Bilas sampai bersih dan tunggu sampai kering.

  3. Jika rak dan kulkas sudah kering semua, maka anda bisa memasukkan kembali rak-rak ke dalam kulkas dan anda hubungkan lagi stop kontak sehingga anda bisa menggunakan kulkas anda kembali.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar