4 Cara Mengusir Semut Dengan Aman Dan Efektif

4 Cara Mengusir Semut Dengan Aman Dan Efektif

Semut adalah salah satu serangga yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti juga lalat dan nyamuk yang sering berada di sekitar kita dalam jumlah banyak, meskipun tidak begitu membahayakan manusia tetapi keberadaan serangga-serangga tersebut kadang cukup mengganggu. Semut sering sekali mengerubungi sesuatu dalam rumah kita, seperti pada sekitar pintu, di lantai, pada jasad hewan yang mati seperti kecoak, juga pada makanan yang kita simpan terutama makanan yang rasanya manis.

Semut selalu berkoloni sehingga memang tidak mudah mengusirnya, karena bisa saja malah mereka berpindah mengerubungi anggota tubuh kita. Apalagi jenis semut tertentu bisa menimbulkan rasa gatal dan panas pada kulit jika menggigit, seperti semut rangrang/ semut merah. Cara yang lazim digunakan untuk mengusir nyamuk selama ini ialah menyemprotnya dengan cairan anti serangga atau dengan minyak tanah, tetapi ternyata cara tersebut selain kurang aman bagi manusia, juga kurang efektif untuk mengusir semut. Selain itu, jika mengusir semut dengan cara tersebut tentunya akan meninggalkan bau yang tidak enak.

[caption id="attachment_3174" align="aligncenter" width="630"]cara mengusir semut yang efektif cara mengusir semut yang efektif (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Untuk bisa mengusir semut dari rumah anda dengan aman dan efektif, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Cara-cara mengusir semut di bawah ini cukup aman karena tidak menggunakan bahan kimia, melainkan bahan-bahan alami yang mudah anda temukan di rumah.

Cara mengusir semut yang efektif



  1. Cuka Sebagai Senjata Pertama


Hal yang paling mudah anda lakukan dan bisa dijadikan alternatif pertama dalam mengusir semut ialah dengan menggunakan cuka. Caranya ialah dengan menyemprotkan cuka pada bagian yang dikerubungi semut. Jangan menyemprot semut satu persatu karena cara tersebut kurang efektif. Semut selalu berkoloni, jadi jika hanya satu persatu semut yang disemprot, maka yang lainnya akan datang lagi. Semut tidak menyukai bau cuka sehingga mereka akan menjauh.

  1. Gunakan Minyak Esensial.


Jika aroma cuka masih kurang efektif untuk mengusir semut, maka anda bisa gunakan minyak esensial seperti minyak lemon atau minyak jeruk. Anda bisa membuat sendiri minyak lemon atau minyak jeruk di rumah, caranya bisa anda dapatkan dari mesin pencarian di internet, bagaimana cara membuat minyak lemon/ jeruk.

Kedua minyak esensial ini memiliki bau yang lebih tajam daripada cuka dan mengandung senyawa Limonene yang merupakan insektisida alami. Anda juga bisa gunakan air perasan jeruk lemon sebagai pengganti minyak lemon. Semprotkan bahan tersebut pada tempat semut muncul. Cara ini relatif aman bagi penghuni rumah termasuk anak-anak.

  1. Serang Pada Sarangnya


Selain dengan cara menyemprot menggunakan cuka dan minyak esensial, cara mengusir semut yang efektif lainnya ialah dengan menyerang langsung pada sarang tempat mereka hidup. Carilah dimana sarang semut berada, bisa jadi di rekahan tembok rumah atau lantai anda. Setelah menemukan sarang semut, maka anda bisa menggunakan kapur serangga.. Anda juga bisa menaburi sekitar sarang dengan asam boraks.

  1. Pasang Umpan.


Cara mengusir semut dengan aman dan efektif yang terakhir ialah dengan memasang umpan untuk menjebak semut. Gunakan madu atau selai kacang sebagai umpan yang akan mengundang semut untuk datang, sehingga akan lebih mudah bagi anda untuk menyingkirkan semut-semut tersebut dari rumah anda.

Demikianlah cara mengusir semut yang efektif, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar