4 Cara Alami Memutihkan Gigi

4 Cara Alami Memutihkan Gigi

Hampir setiap hari di televisi, majalah, koran atau media lainnya muncul iklan pasta gigi yang menawarkan inovasi terbaru untuk memutihkan gigi. Tetapi tanpa banyak diketahui oleh calon konsumen seperti anda, bahwa dari beberapa cara dan bahan yang ditawarkan oleh sebuah produk pemutih gigi, mungkin memiliki efek samping yang kurang mengenakkan, seperti muncul rasa nyeri dan lainnya terutama bagi anda yang memiliki gigi sensitif. Selain itu, produk pasta gigi yang diklaim memiliki kemampuan yang baik dalam memutihkan gigi biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal di pasaran, tapi anda belum tentu cocok menggunakannya.

Secara normal, memang gigi manusia seharusnya berwarna putih, tetapi beberapa kondisi dan kebiasaan yang sering dilakukan bisa membuat gigi menjadi kusam dan tidak putih cemerlang lagi. Merok*k, minum kopi atau teh dan juga penggunaan obat-obatan tertentu bisa membuat gigi memudar warna putihnya. Agar senyum anda tetap menawan, tentu saja anda harus memutihkan lagi gigi anda yang mulai berwarna kusam kekuningan. Jika anda masih ragu dengan kualitas dan kuatir pada efek samping produk pemutih gigi di pasaran, anda bisa memakai cara alami untuk memutihkan kembali gigi anda.

Cara memutihkan gigi secara alami


[caption id="attachment_3180" align="aligncenter" width="630"]cara memutihkan gigi secara alami cara memutihkan gigi secara alami (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Buah Dan Sayuran


Tahukah anda, bahwa dengan makan buah dan sayur terutama yang memiliki tekstur agak keras / renyah akan membantu membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada gigi anda. Dengan menggigit dan mengunyah buah dan sayuran yang teksturnya cukup keras, akan memiliki efek seperti menggosok gigi, sehingga akan membuat permukaan gigi (enamel gigi) anda menjadi lebih cemerlang.

Buah yang bisa anda makan misalnya apel atau pear, apel mengandung sejenis astringen yang akan membersihkan gigi. Sedangkan sayurnya bisa anda ambil wortel dan seledri untuk memutihkan gigi anda. Tapi perlu diingat, meskipun lemon memiliki efek membersihkan yang baik, jangan pernah gunakan lemon untuk memutihkan gigi, karena kandungan asamnya justru akan merusak enamel gigi anda.

  1. Makanan Lainnya


Jika anda tidak suka atau tidak sempat makan buah-buahan dan sayuran yang disebutkan di atas, maka anda bisa menggunakan makanan lain untuk memutihkan gigi. Kunyahlah permen karet bebas gula yang mengandung xylitol, dimana xylitol ini akan membantu mencegah plak menumpuk di gigi dan mendorong produksi saliva yang secara alami akan membersihkan seluruh area mulut anda termasuk gigi anda.

Anda juga bisa menggunakan keju untuk memutihkan gigi, caranya ialah dengan mengunyah sedikit saja keju setelah makan. Keju mengandung kalsium dan fosfor akan melindungi gigi dari kerusakan, selain itu, kandungan yogurt dan susu dalam keju akan menstimulasi proses perbaikan enamel gigi anda.

  1. Bersihkan Dan Gosok Gigi Secara Teratur


Cara sederhana yang tidak boleh anda abaikan ialah bersihkan dan gosok gigi anda secara teratur minimal sekali dalam sehari. Noda yang menyelip diantara gigi anda jika tidak dibersihkan maka akan menumpuk dan membuat gigi menjadi lebih gelap. Cara yang efektif untuk membersihkannya ialah dengan menggunakan benang gigi yang akan mampu menjangkau sampai ke bagian dalam gigi. Setelah itu, gosoklah gigi anda agar bersih lebih sempurna.

  1. Gunakan Baking Soda.


Meskipun ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa baking soda dapat merusak lapisan gigi, tetapi menggunakan baking soda 1 atau 2 minggu sekali ternyata cukup efektif membantu memutihkan gigi. Caranya ialah dengan menambahkan baking soda sedikit saja pada pasta gigi yang akan anda gunakan untuk menggosok gigi.

Demikianlah cara memutihkan gigi secara alami, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar