3 Trik Sederhana Menyimpan Apel Agar Kualitasnya Tetap Baik

3 Trik Sederhana Menyimpan Apel Agar Kualitasnya Tetap Baik

Makan satu buah apel setiap hari akan menjauhkan anda dari penyakit, begitu bunyi idiom yang sudah sering dibahas dan diklaim kebenarannya. Makan satu buah apel per hari konon akan menjauhkan anda dari penyakit jantung, menghaluskan kulit, membersihkan gigi, membantu menurunkan berat badan dan manfaat kesehatan serta kecantikan lainnya. Buah apel mudah ditemukan dalam berbagai jenis dari yang lokal sampai yang import.

Jika anda ingin mencoba merubah gaya hidup dengan makan apel setiap hari, berarti anda harus mulai memikirkan juga bagaimana cara menyimpan buah apel dalam jangka waktu tertentu agar tetap terjaga kualitasnya. Bukankah tidak mungkin anda harus setiap hari juga pergi ke pasar hanya untuk membeli satu buah apel. Anda harus mengakali bagaimana agar buah apel yang anda beli bisa disimpan dalam waktu tertentu tanpa mengurangi kualitasnya dan tidak membuatnya menjadi rusak.

[caption id="attachment_3189" align="aligncenter" width="515"]cara menyimpan apel agar tahan lama cara menyimpan apel agar tahan lama (Ilustrasi/pexels)[/caption]

Beberapa trik menyimpan buah apel tergantung dari seberapa lama anda ingin menyimpannya, karena tentu saja akan berbeda juga dimana tempat yang tepat untuk menyimpan buah apel tersebut.

Cara menyimpan apel agar tahan lama



  1. Menyimpan Dalam Refrigerator


Jika anda berencana untuk segera mengonsumsi apel dalam jangka waktu hanya beberapa hari saja dan anda tidak memiliki tempat untuk menyimpannya, maka simpanlah apel di dalam refrigerator/ kulkas anda. Simpanlah apel pada kotak khusus untuk menyimpan buah dan sayur yang biasanya terdapat di kulkas bagian bawah. Apel suka dengan suhu dingin, tetapi bukan yang terlalu dingin, sehingga kotak buah di kulkas merupakan tempat menyimpan apel yang tepat.

Simpanlah apel terpisah dengan buah atau sayuran yang lain karena apel menghasilkan etilen yang bisa membuat wortel menjadi terasa pahit dan brokoli lebih cepat menguning. Untuk mengurangi efek etilen, anda bisa meletakkan wadah berisi baking soda di dekat penyimpanan apel.

  1. Menyimpan Apel Dalam Waktu Lama


Anda membeli apel dalam jumlah cukup banyak dan ingin menyimpannya dalam waktu yang agak lama, maka anda harus memulai prosenya dengan menyortir buah apel yang telah anda beli. Buah apel yang layak simpan ialah buah yang bagus kondisinya dan belum terlalu matang. Tanda yang mudah untuk dikenali ialah dengan melihat bagian permukaan apel, jika sudah mengkilat, maka tandanya sudah matang dan sebaiknya segera dimakan.

Jenis buah apel juga mempengaruhi daya simpannya, pilihlah jenis apel Fuji atau Granny Smith yang lebih tahan lama untuk disimpan. Simpanlah buah apel di dalam kardus dan letakkan di tempat yang cukup sejuk. Agar lebih awet, anda bisa menambahkan jerami di dalam kardus penyimpanan atau membungkus apel satu persatu dengan kertas koran. Jangan simpan apel di dekat sayuran lain seperti kentang dan wortel.

  1. Tingkat Kematangan


Setelah anda menyimpannya, pastikan anda secara rutin memeriksa tingkat kematangan buah apel. Jangan sampai ada apel yang mulai membusuk karena anda lupa memeriksanya. Amati dengan teliti buah apel yang sudah mulai matang dan siap untuk dimakan dengan melihat tanda-tandanya, antara lain dengan melihat warna kulitnya. Beberapa jenis apel memiliki lebih dari satu warna kulit. Buah apel merah yang sudah matang akan memiliki warna hijau kekuningan pada bagian bawahnya, sedangkan yang masih kurang matang kulit bagian bawahnya hanya berwarna hijau saja. Ambillah buah yang sudah cukup matang dan segera makan.

Demikianlah cara menyimpan apel agar tahan lama, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar