3 Trik Jenius Mengupas Telur Rebus Setengah Matang Tanpa Rusak

3 Trik Jenius Mengupas Telur Rebus Setengah Matang Tanpa Rusak

Mengupas telur rebus sebenarnya merupakan pekerjaan sepele, tetapi kenyataannya banyak orang yang mengalami kesulitan untuk melakukannya. Apalagi jika telur yang direbus tersebut termasuk telur yang masih baru keluar dari ayam, kulitnya akan semakin sulit untuk dikupas. Biasanya ketika kita mengupas kulit telur rebus maka hasilnya akan berantakan, bagian putih telur yang menempel pada kulit ari ikut terkelupas, sehingga menghasilkan permukaan yang tidak rata, tentu saja ini akan mengurangi penampilan dari telur tersebut jika hendak dijadikan hidangan dalam sebuah acara.

Mengupas kulit telur memang membutuhkan keahlian dan trik tertentu, terlebih ketika mengupas kulit telur yang direbus setengah matang. Telur setengah matang selain bagian kuning telurnya belum padat, bagian putih telurnya juga masih lunak, sehingga akan mudah rusak ketika dikupas. Sebelumnya, ketahui dulu trik merebus telur agar memudahkan kita untuk mengupasnya, yaitu dengan memasukkan cuka ke dalam air rebusan telur. Setelah anda tahu bagaimana trik untuk merebus telur, sekarang anda juga harus tahu trik jenius untuk mengupas telur rebus setengah matang tanpa membuat rusak permukaan telurnya nanti.

Cara mengupas telur setengah matang



  1. Ambillah mangkok dan isi dengan air es. Segera masukkan telur setengah matang begitu selesai direbus ke dalam mangkok. Perubahan suhu yang ekstrim yang tiba-tiba dari panas perebusan menjadi dingin karena air es akan membuat kulit telur lebih mudah dikupas. Biarkan dulu telur rebus di dalam air es selama 10 menit sebelum dikupas.


[caption id="attachment_3153" align="aligncenter" width="630"]cara mengupas telur setengah matang cara mengupas telur setengah matang (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Pecahkan pelan-pelan kulit telur dari arah dasar mangkok, jaga agar telur tetap berada di dalam air. Putar pelan-pelan dan pecahkan bagian kulit di sisi lainnya, jika semua sisi kulit telur sudah retak, angkatlah telur dari dalam mangkok dan letakkan di bawah air yang mengalir.

  2. Kupas pelan-pelan kulit telur rebus di bawah air yang mengalir mulai dari bagian bawah telur yang lebih besar menuju ke bagian telur yang lonjong /lancip. Usahakan aliran air mengenai kulit ari dari telur rebus, sehingga akan mempermudah mengupas kulitnya. Sekarang anda sudah mendapatkan telur rebus setengah matang yang kulitnya telah dikupas tanpa merusak bagian permukaan putih telurnya. Mudah bukan?


Demikianlah cara mengupas telur setengah matang, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar