Membersihkan Seluruh Rumah Tanpa Repot Dalam 8 Langkah

Membersihkan Seluruh Rumah Tanpa Repot Dalam 8 Langkah

Seringkali kesibukan penghuninya membuat rumah menjadi kurang terurus, berantakan dan kotor. Setidaknya sekali dalam seminggu saat hari libur anda harus memasukkan jadwal membersihkan seluruh rumah dalam agenda anda, agar rumah selalu nyaman untuk dihuni. Yang menjadi masalah ialah membersihkan rumah dan seluruh isinya bukanlah hal yang ringan, karena pasti akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu seharian, sementara mungkin anda memiliki acara lain di hari tersebut. Yang ada di dalam benak hampir semua orang ialah membersihkan rumah merupakan yang merepotkan.

Sebenarnya yang harus anda lakukan untuk bisa membersihkan keseluruhan rumah tanpa repot tidak serumit yang dibayangkan. Simaklah 8 langkah yang bisa anda lakukan untuk membersihkan seluruh rumah tanpa merasa repot berikut ini:

  1. Langkah pertama ialah buatlah sebuah daftar dan rencana apa saja yang harus anda bersihkan, periksa sekali lagi agar tidak ada yang ketinggalan dan luput dari aksi pembersiihan. Buatlah daftar prioritas bagian rumah yang mana yang perlu dibersihkan terlebih dahulu.

  2. Mulailah dengan meletakkan barang-barang dalam rumah anda sesuai tempatnya, jika ada barang yang tidak berada di tempatnya semula, maka kembalikan ke tempatnya kembali, agar jika anda membutuhkan barang-barang tersebut setiap saat, anda bisa langsung menemukannya, sehingga anda tidak akan dibuat repot hanya karena mencari barang yang tidak jelas keberadaannya.

  3. Selanjutnya mulailah membersihkan sprei dan handuk anda. Gantilah sprei dengan yang bersih, dan juga handuk-handuk di kamar mandi yang sudah kotor ganti dengan yang bersih. Masukkan sprei dan handuk kotor ke dalam mesin cuci anda atau jika anda mencuci dengan tangan, rendamlah sprei dan handuk kotor dalam ember berisi air sabun. Sembari menunggu cucian anda bersih atau waktu merendam selesai maka anda bisa membersihkan yang lainnya.

  4. Langkah selanjutnya, singkirkan dan bereskan segala sesuatu yang berantakan yang terlihat oleh mata anda, misalnya baju yang belum sempat digantung dan disimpan di lemari atau mainan anak-anak yang berserakan di lantai. Atur semuanya agar terlihat lebih rapi.

  5. Mulailah membersihkan kamar mandi anda. Ambil cairan pembersih kamar mandi/ karbol dan mulailah bekerja.

  6. Selesai dengan kamar mandi dan toilet anda, maka saatnya membersihkan lantai rumah. Bersihkan dengan sapu atau penyedot debu kemudian pel lantai rumah anda sampai bersih.

  7. Lantai selesai saatnya membersihkan furnitur dalam rumah anda, dan juga barang-barang elektronik seperti kulkas, televisi, oven, mikrowave dan lain sebagainya. Bersihkan dengan lap bersih dan kering atau bisa juga dengan menggunakan kemoceng.

  8. Terakhir ialah saatnya membersihkan seluruh jendela di rumah anda. Kalau anda menginginkan jendela yang bersih sempurna, anda bisa membersihkannya dengan air dan sabun, tapi jika hanya ingin membersihkannya dari debu saja, anda bisa gunakan kain lap yang sedikit dibasahi dengan air atau cukup dengan kemoceng saja.


[caption id="attachment_3122" align="aligncenter" width="630"]cara membersihkan rumah yang efektif cara membersihkan rumah yang efektif (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Setelah semua langkah di atas selesai anda lakukan, maka anda sudah berhasil membersihkan seluruh rumah anda tanpa merasa repot. Selamat mencoba.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar