Inilah 6 Tips Terbaik Untuk Mengatakan “Tidak” Kepada Orang Lain

Inilah 6 Tips Terbaik Untuk Mengatakan “Tidak” Kepada Orang Lain

 

Mungkin anda termasuk orang yang selalu tidak bisa dengan tegas mengatakan tidak kepada orang lain yang meminta sesuatu dari anda. Sesekali menuruti permintaan orang lain memang baik, tetapi jika setiap saat anda harus mengikuti keinginan orang lain, tentunya akan menjadi masalah bagi diri anda sendiri.

Memang pada awalnya, tentu akan sulit bagi anda untuk menolak permintaan orang lain terutama jika permintaan itu berasal dari keluarga anda, seperti orang tua, pasangan, anak ataupun saudara anda, tetapi sebelum kebiasaan anda selalu menuruti permintaan orang lain berbalik merepotkan anda sendiri, anda harus mulai belajar untuk mengatakan “tidak”.

[caption id="attachment_3126" align="aligncenter" width="630"]tips mengatakan tidak tips mengatakan tidak (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Sebenarnya memulai kebiasaan untuk bisa mengatakan tidak kepada orang lain bukanlah hal yang terlalu sulit, hanya dibutuhkan sedikit keberanian pada saat memulainya. Hampir sama dengan membentuk kebiasaan dalam hal yang lainnya, anda hanya perlu sedikit memaksa diri sendiri dan melakukannya secara terus menerus. Jika anda masih merasa bingung apa saja yang harus anda lakukan agar bisa mengatakan tidak kepada orang lain, anda bisa memulainya dengan mencoba tips terbaik berikut ini:

  1. Sederhanakan Respon Anda Terhadap Permintaan Orang Lain.


Biasanya orang yang sangat ingin bisa membuat anda menuruti permintaannya akan cenderung menggunakan cara tertentu untuk menyentuh emosi anda, sehingga anda akan merasa tidak enak jika menolak permintaannya. Agar trik mereka tidak berhasil mempengaruhi anda, dan bisa membuat anda mengatakan tidak kepadanya, maka anda harus menutup celah untuknya lebih memaksa anda.

Tanggapi permintaan mereka dengan respon yang wajar tanpa perasaan berlebihan, misalnya dengan mengatakan “ Saya berterima kasih sekali dengan kedatangan anda dan telah menawarkan sesuatu kepada saya, tetapi saya minta maaf kebetulan hari ini saya sedang memiliki banyak pekerjaan yang harus saya selesaikan.”

  1. Beri Diri Anda Waktu


Ada kalanya anda merasa bingung harus bersikap bagaimana atas permintaan orang lain. Mungkin sebenarnya anda sudah merasa bahwa anda harus mengatakan tidak tetapi masih merasa ragu atas hal tersebut. Jika itu terjadi, maka jangan terlalu cepat memberikan jawaban, tapi mintalah waktu agar anda bisa memikirkannya dengan baik dan bisa memutuskan dengan benar apakah anda akan menerima atau tetap mengatakan tidak atas permintaan orang lain kepada anda.

  1. Petimbangkan Kompromi


Melakukan kompromi dengan orang yang meminta sesuatu dari anda adalah salah satu tips yang bisa anda lakukan. Jika permintaan dari orang lain tersebut cukup penting bagi anda dan dia, sedangkan anda masih memiliki ganjalan tertentu dalam hati anda tentang hal tersebut, maka cara terbaik mungkin dengan melakukan kompromi dengannya. Setelah melakukan kompromi diharapkan bisa dicapai keputusan terbaik yang bisa dipahami bersama, baik itu anda akan bilang iya ataupun mengatakan tidak atas permintaannya.

  1. Pahami Penolakan Anda


Tips terbaik lainnya untuk bisa mengatakan tidak kepada orang lain ialah dengan mengubah cara pandang anda terhadap penolakan yang anda lakukan. Mulailah berpikir bahwa yang anda tolak bukan orangnya, tetapi permintaannya yang mungkin memang tidak mendesak untuk dituruti.

  1. Hindari Perasaan Bersalah.


Jangan biarkan rasa bersalah menyerang perasaan anda setiap kali anda mengatakan tidak kepada orang lain, karena hal tersebut akan melemahkan anda. Biasanya perasaan bersalah akan terjadi ketika anda harus mengatakan tidak kepada orang-orang terdekat, misalnya kepada anak anda. Biasakan diri anda untuk berpikir bahwa tidak semua permintaan harus dituruti, harus dipikirkan apakah permintaan tersebut merupakan sesuatu yang penting atau tidak.

  1. Lebih Percaya Kepada Diri Sendiri


Tips terbaik yang terakhir untuk bisa mengatakan tidak kepada orang lain ialah tingkatkan rasa percaya diri anda. Anda harus yakin bahwa keputusan yang anda ambil sudah benar, termasuk ketika harus menolak permintaan orang lain dengan mengatakan tidak kepada mereka. Anda harus lebih percaya diri bahwa anda benar-benar tahu apa saja hal yang anda butuhkan dan inginkan dalam hidup anda, sehingga anda tidak akan mudah dipengaruhi oleh perkataan orang lain dan mengikuti apapun yang dikatakannya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar