Inilah 4 Trik Khusus Membersihkan Permukaan Setrika

Inilah 4 Trik Khusus Membersihkan Permukaan Setrika

Pernahkah anda mengalami setrika anda menjadi kotor karena sesuatu yang menempel pada permukaannya terutama pada bagian bawah setrika? Biasanya bahan-bahan tertentu yang terdapat pada pakaian, seperti plastik atau karet akan lengket ketika secara tidak sengaja kita menyetrikanya. Setrika yang sudah terlalu sering digunakan biasanya juga akan mengalami semacam proses pengapuran yang akan membuat permukaannya menjadi tidak bersih lagi. Merawat dan membersihkan setrika anda setidaknya sebulan sekali selain akan membuat setrika anda lebih awet, juga akan membuat panasnya lebih optimal, sehingga hasilnya akan bagus.

Cara membersihkan permukaan setrika


Jika anda merasa bingung bagaimana caranya untuk membersihkan setrika tanpa merusak lapisan pada permukaan bawahnya yang berfungsi sebagai penghalus pakaian, anda bisa mencoba trik berikut untuk membersihkan setrika anda. Yang perlu dicatat ialah jika permukaan bawah setrika anda terkena bahan yang lengket seperti plastik atau karet, maka gunakan beberapa tetes air lemon untuk membersihkannya. Jika nodanya sangat lengket dan kuat, lakukan pembersihan saat setrika dalam kondisi hangat. Ada beberapa bahan yang bisa anda jadikan sebagai alat pembersih setrika.

  1. Buatlah pasta pembersih yang terdiri dari 1 sendok makan baking soda, dan 2 sendok makan air hangat, campurkan dalam wadah atau mangkok. Oleskan pasta ini pada permukaan bawah setrika dan bagian lain yang kotor dengan menggunakan cutton buds, kemudian bersihkan dengan lap yang kering.

  2. Tuangkan sedikit cuka ke dalam gelas atau wadah apapun dan ambillah sikat bekas yang masih bagus dan bersih. Celupkan kepala sikat ke dalam cuka, sehingga bulu sikat basah oleh cuka kemudian gosoklah perlahan permukaan setrika dengan sikat tersebut. Kalau sudah selesai bersihkan dengan lap kering juga.

  3. Jika setrikanya jenis setrika uap yang dilengkapi dengan reservoir untuk menghasilkan uap, lakukan pembersihan dengan cara mengisi air bersih ke dalam reservoir dan stel setrika pada suhu tertinggi. Biarkan uap air membersihkan permukaan setrika.

  4. Letakkan setrika pada handuk bersih kemudian gerakkan ke depan ke belakang seperti menyetrika handuk tersebut, sambil memencet tombol power atau stel setrika pada suhu tertentu agar cukup panas. Ulangi gerakan sampai permukaan setrika menjadi bersih.
cara membersihkan permukaan setrika
cara membersihkan permukaan setrika


Demikianlah cara membersihkan permukaan setrika, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar