Cara Mudah Mengenal Bahasa Pemrograman HTML

Cara Mudah Mengenal Bahasa Pemrograman HTML

Tidak seperti bahasan sebelumnya, kali ini saya akan berbagi tentang mengenal Bahasa Pemrograman. Bahasa ini merupakan bahasa yang sering dipakai dalam pembuatan halaman web. Memang sekarang banyak bahasa pemrograman lain yang lebih baru. Sebagai pemula, HTML merupakan dasar bahasa pemrograman yang friendly dan menjadi dasar awal adanya halaman web.

Memang banyak program builder ditawarkan dengan kemudahan penulisan format atau tools yang disediakan. Macromedia Dreamweaver merupakan salah satu contohnya atau pada aplikasi bawaan Microsoft Office, tersedia Front Page.
Mengenal bahasa pemrograman HTML
Mengenal bahasa pemrograman HTML

Program builder tersebut memang memiliki banyak keunggulan. Namun untuk pemula, tak perlu rumit untuk memahami dasar-dasar HTML. Cukup anda ketikkan listing program pada aplikasi notepad. Biasanya sudah tersedia di program bawaan Microsoft Windows. Anda dapat mencarinya di menu start up.

Hati-hati dalam penulisan listing program. Bila ada kesalahan penempatan "/" atau kurang "<" atau ">", pemberian spasi dan sebagainya, maka hasilnya akan menjadi eror pada hasil tampilan browser. Istilah penulisannya adalah case sensitif.

Mengenal bahasa pemrograman html


Ada beberapa hal dasar tata cara penulisan. Hyperlink Text Mail Language memiliki dasar sebagai berikut :

1. Sebagai pembuka halaman dan penutup, pertama anda cukup membuka program bawaan sederhana notepad. Ketik listing program di bawah ini lalu pilih save as dengan extensi .html. Dengan langkah ini sebuah file blank berekstensi .html telah berhasil dibuat. Untuk melihat hasilnya cukup cari file pada program explorer. Double klik file atau buka dengan aplikasi browser.

Listing Program :
<HTML>
</HTML>

2. Bila ingin menuliskan setting huruf sebagai dasar akan dicontohkan sebagai berikut.

<HTML>
<Font name ="Arial" size="12" colour= "black" type="Bold">
Selamat Pagi.
</Font>
</HTML>

3. Untuk membuat jeda atau baris, gunakan <br>. Juga untuk tulisan Font miring dapat menggunakan contoh listing program berikut ini.

<HTML>
<Font name ="Arial" size="12" colour= "black" type="Italic">
Hallo
<br>
Selamat Malam
</HTML>

4. Untuk membuat judul, dapat dituliskan dalam huruf yang lebih besar atau dengan huruf kapital. Dicontohkan dengan list sebagai berikut :

<HTML>
<Font name ="Verdana" size="14" type = "Bold, Underline" >
</HTML>

5. Selanjutnya untuk menuliskan sebuah paragraf dapat dicontohkan sebagai berikut.

<HTML>
<Font name ="Verdana" size="10" alignment = "Justified" >
Bersyukur merupakan bentuk rasa kepuasan di dalam hati. Tak ada manusia yang dapat meraih berkat dengan sukacita tanpa ucapan syukur. Rasa syukur itu akan meluap jika mau mengampuni dan membebaskan diri dari segala dosa. <br>
<br>
Semua kebahagian akan terpancar dan memenuhi hati secara melimpah. Di dalam Tuhan kasih yang murni akan menyelamatkan kita dari lumpur dosa. Agar kita mendapat hati yang dipulihkan, harus ada kemauan menyenangkan hati.
</Font>
</HTML>

Bagaimana, cukup sederhana bukan? Bila sudah paham, akan mudah bagi anda memahami bahasa pemrograman ASP, PHP dan lainnya.

Demikianlah mengenal bahasa pemrograman html, semoga bermanfaat. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar