Begini 4 Langkah Membuat Alat Perangkap Nyamuk Di Rumah

Begini 4 Langkah Membuat Alat Perangkap Nyamuk Di Rumah

Selain lalat, nyamuk merupakan serangga yang dekat dengan kehidupan manusia dan cukup mengganggu. Selain suaranya yang cukup berisik dan gigitannya yang bisa membuat kulit menjadi gatal kemerahan, beberapa jenis nyamuk merupakan perantara penyakit yang cukup serius, seperti demam berdarah dan malaria. Jadi memang sudah cukup jelas bahwa nyamuk yang sering berada di sekitar kita bukanlah hal yang bisa diabaikan begitu saja.

Mengapa nyamuk suka sekali menghampiri dan terbang di sekitar manusia? Karena manusia bernafas mengeluarkan kabondioksida yang menarik perhatian nyamuk. Bau manusia yang berasal dari keringat ataupun pernafasan juga sangat menarik nyamuk untuk datang. Lilin memang bisa mengusir nyamuk, tapi tidak bisa membasminya sehingga nyamuk akan datang kembali begitu lilinnya habis. Yang anda perlukan ialah sebuah alat perangkap nyamuk agar nyamuk tidak datang lagi dan lagi.

[caption id="attachment_3049" align="aligncenter" width="500"]perangkap nyamuk dari botol bekas perangkap nyamuk dari botol bekas (Ilustrasi)[/caption]

Selama ini, mungkin anda biasa menggunakan obat nyamuk sebagai alat pengusir dan pembasmi nyamuk, tetapi mayoritas dari obat nyamuk tersebut dibuat dari bahan-bahan kimiawi yang bisa berbahaya bagi manusia jika digunakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, karena sifatnya yang seperti racun. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan membuat sendiri perangkap nyamuk di rumah.

Cara membuat perangkap nyamuk dari botol bekas


Bahan dan peralatan yang harus anda siapkan untuk membuat perangkap nyamuk homemade ialah :

  1. Botol bekas minuman soda ukuran 2 liter

  2. Gunting atau pisau

  3. 1/8 gelas gula pasir

  4. 1/8 gelas ragi

  5. 18 gelas air

  6. Selotip dan lakban hitam


Kemudian ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini,

  1. Cuci dan bersihkan botol soda, kemudian potong bagian atas botol sepanjang 3 inchi. Ratakan bekas potongannya agar rapi, jangan buang sisa potongan bagian atas botol.

  2. Campurkan gula pasir dan air ke dalam botol yang telah dipotong tadi, aduk sampai gulanya larut. Tambahkan ragi, kemudian aduk sampai tercampur rata, campuran ini akan menghasilkan gas karbondioksida. Bau gas karbondioksida yang dihasilkan ini akan mengundang nyamuk untuk datang.

  3. Sekarang ambillah potongan botol bagian atas tadi dan pasanglah secara terbalik pada bagian botol yang satunya, sehingga kepala botol atau lubang botol berada di dalam botol dan rekatkan dengan selotip. Ini akan membuat nyamuk yang masuk ke dalam botol menjadi terperangkap dan tidak bisa keluar dari botol karena lubang sempit dari kepala botol.

  4. Kemudian tempelkan lakban hitam pada seluruh permukaan botol agar sinar matahari tidak menembus ke dalam botol. Gantilah cairan perangkap nyamuk ini secara rutin paling tidak seminggu sekali.


Demikianlah cara membuat perangkap nyamuk dari botol bekas, semoga bermanfaat bagi pembaca setia Kumpulan Tips, Trik dan Cara Igaligo.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar