9 Tips Dasar Menjaga Kesehatan

9 Tips Dasar Menjaga Kesehatan

Bila batuk dan nyeri tenggorokan menyerang dan menghambat aktivitas, sebaiknya segera cepat diatasi agar tidak mengganggu. Tubuh kita sebenarnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang alami. Namun jika gejala gatal pada kerongkongan muncul, artinya ada beberapa asupan penting yang kurang.

Agar kondisi ini tidak mengganggu aktivitas, mari ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Minum air mineral yang cukup.
Konsumsi air mineral sebagai pengisi cairan tubuh dan zat detoks pada tubuh. Memulihkan tubuh dengan jumlah air yang cukup merupakan langkah awal menjaga stamina. Bila gatal menyerang tenggorokan, air hangat dapat membantu kesehatan.

2. Makan buah-buahan segar.

Tips menjaga kesehatan
Tips menjaga kesehatan

Vitamin C pada buah dengan berbagai kandungan gizi di dalamnya memang sangat dibutuhkan tubuh.

3. Selalu menjaga pola istirahat.
Istirahat bagi orang yang beraktivitas padat tidak hanya dalam bentuk jam tidur yang panjang. Stres dan kesibukan yang menguras konsentrasi dan tenaga, agar kesehatan tetap terjaga, baiknya tetap menjaga istirahat baik duduk sejenak dengan rileks, melihat tanaman hijau sekeliling atau sekadar berkomunikasi dengan bahasan ringan yang menyegarkan.

4. Mengonsumsi makanan steril yang bebas kontaminasi dan bergizi baik.
Hindarilah makanan yang telah kadaluarsa, yang tentunya sudah mengandung bakteri pembusuk. Selalu jaga kebersihan makanan, apalagi bila tidak dalam kemasan. Tutup rapi makanan agar tak ada serangga atau zat berbahaya yang masuk.

Mengatur keseimbangan zat yang diperlukan tubuh seperti mineral, air, protein, sayuran, buah, serat dan unsur baik lainnya merupakan faktor penting. Susu kedelai atau soya dan sapi sebagai sumber utama kalsium bagi kepadatan dan kesehatan tulang sangat mendukung ketahanan tubuh. Kopi tanpa gula, madu dalam takaran normal sebagai pemanis alami juga sangat membantu menjaga tekanan darah.

5. Menjaga alat makan.
Periksa alat makan agar dalam kondisi bersih. Mencuci tangan juga menjadi faktor penting dalam menjaga kebersihan.

6. Menjaga kebersihan tubuh.
Mandi tentu menjadi aktivitas rutin setiap hari. Agar bebas dari penyakit, perhatikan kebersihan pakaian, tangan, kuku dan barang-barang yang digunakan.

7. Berolahraga.
Berolahraga seperti berlari, berjalan, senam, berenang dan sebagainya sangat membantu menjaga bentuk tubuh untuk membakar lemak jenuh.

8. Berjemur di sinar matahari pagi.
Panas dari matahari pagi di bawah jam 10 pagi sangat bermanfaat mengaktifkan asupan vitamin B dalam tubuh. Vitamin B sangat berguna membantu menjaga stamina. Selain itu, vitamin B mampu menaikkan konsentrasi di dalam berpikir.

9. Berdoa
Hal yang paling utama dan mendasar. Kesehatan tidak hanya atas usaha kita sendiri, melainkan dari dasar iman kita. Bila kita dekat dengan Tuhan dan memperhatikan perintahnya, tentu perlindungan kesehatan tubuh akan tetap terjaga. Semoga tips ini bermanfaat bagi kesehatan anda. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar