8 Tips Menjaga Kesehatan Mata

8 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan jendela tubuh. Sebagai panca indera, penglihatan kita sangatlah penting untuk tubuh kita. Mata harus terjaga kesehatannya tidak hanya segi kebersihan namun juga dari segi kegunaannya untuk melihat.

Sebagai orang yang menyukai beraktivitas, tentu membutuhkan mata untuk melihat. Agar mata kita tetap sehat, mari ikuti beberapa tips berikut:

  1. Membaca, menulis atau menggunakan gadget dan komputer tidak terlalu lama. Istirahatkan mata lelah dengan merubah titik pandang. Misalnya setelah 1-2 jam berkonsentrasi pada satu titik, arahkan ke pekerjaan lain dengan jarak pandang yang berbeda. Sebagai contoh, bila sering membaca buku, untuk beberapa saat arahkan mata ke tanaman hijau agar kontraksi otot mata tetap baik.
Menjaga Kesehatan Mata
Menjaga Kesehatan Mata


  1. Untuk mata merah, adakalanya disebabkan oleh karena ada kotoran, cairan atau benda asing yang tidak sesuai dengan kondisi mata. Bila ketidaknyamanan disebabkan debu atau kotoran, cukup bersihkan mata dengan air bersih. Juga bila ada cairan yang masuk ke mata seperti sabun, cukup gunakan obat tetes mata yang steril dan baik kondisinya.

  2. Bagi pasien glukoma sebaiknya menghindari stres dan menjaga asupan makanan dan minuman. Bagi penderita glukoma, kondisi tekanan bola mata harus dijaga. Bila ada obat yang dipakai, selalu konsultasikan pada dokter. Makan atau minum obat harus sesuai jadwal anjuran dokter dan  selalu periksa tanggal kadaluarsa obat.

  3. Konsumsi terutama sumber Vitamin A dan C dengan kadar yang cukup. Wortel merupakan sumber betakaroten yang mengandung Vitamin A dalam tubuh.

  4. Bila menggunakan obat tradisional, hendaknya selalu menomorsatukan kehiginienisan bahan. Tanaman tradisional wajib dicuci terlebih dahulu dan bila direbus atau diseduh air panas menggunakan aturan yang benar.
    Misalnya menggunakan air perasan kentang, aplikasikan dengan pipet yang higienis dan cukup gunakan 2 tetes pada masing-masing mata yang sakit. Gunakan cukup seminggu 1-2 kali.

  5. Untuk mata yang baru saja dioperasi, selalu rajin menggunakan obat dan mengembunkan semua alat yang dipakai agar steril. Ganti balutan perban 3x sehari atau sesuai jumlah obat yang didosiskan dokter. Jangan terlalu lama membungkuk atau menekan mata agar letak organ mata tetap pada posisinya. Ikuti semua anjuran dokter pasca operasi. Bersihkan juga kotoran mata bila membuka perban.

  6. Mata yang rabun dekat, jauh atau silindris sebaiknya rajin mengecek mata. Gantilah kacamata bila ada penambahan atau pengurangan ukuran kacamata.
    Biasanya pemeriksaan harus di saat mata masih segar dan tidur yang cukup. Pemeriksaan secara tepat dapat dilakukan dengan beberapa kali atau beberapa tempat pengecekan mata agar kacamata dengan axis dan fokus yang tepat yang didapat.

  7. Bila menggunakan lensa kontak, sebaiknya rajin mencuci dan tak lupa melepasnya selagi tidur. Bila terlalu menggunakan softlense selagi tidur, segera buka lalu bersihkan lensa dan mata anda agar tidak terjadi kerusakan pada mata. Mata yang terlalu lama terpejam saat menggunakan lensa kontak pasti memerah, disebabkan kurangnya oksigen dan lensa yang menempel menekan bola mata. Sebaiknya segera dihindari.

Demikianlah Menjaga Kesehatan Mata, semoga bermanfaat. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar