7 Tips Pintar Menjahit Baju

7 Tips Pintar Menjahit Baju

Mengenakan mode pakaian sesuai selera tentu sangat menyenangkan. Dengan pakaian jenis tertentu yang dapat membawa khas tersendiri.

Nah, untuk mendapatkan hal tersebut tentunya dibutuhkan jasa penjahit sekaligus perancang baju yang sesuai. Agar rancangan baju menjadi berkualitas, nyaman dan pantas, mari perhatikan beberapa tips menjahit baju berikut ini.

1. Pemilihan Bahan.
Pilihlah bahan pakaian yang tidak mudah kusut dan nyaman di kulit. Untuk bahan kulit sebaiknya menggunakan lapisan agar tidak terasa panas atau mudah menimbulkan keringat.

[caption id="attachment_3065" align="aligncenter" width="630"]tips menjahit baju untuk pemula tips menjahit baju untuk pemula (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

2. Teknik Cutting.
Bahan dengan corak harus disesuaikan potongannya. Misal pada pola batik dan bunga, keseimbangan pola pada bagian kiri dan kanan, bagian depan dan belakang sangat menentukan hasil tampilannya.

3. Pola.
Pola untuk jahitan perorangan harus melalui fitting agar ukurannya pas saat dipakai. Untuk jahitan dengan size S M L XL atau all size sebaiknya menggunakan ukuran standar pangsa pasar. Misal pada celana jeans, ada standar tinggi jahitan kain.

4. Gunakan mesin jahit yang tepat.
Mesin jahit memiliki standar ketebalan kain. Untuk kain tipis dan tebal seperti wool dan jeans memiliki spesifikasi type dan merk tertentu. Jangan sampai hal ini menjadi masalah. Pemilihan mesin yang tidak sesuai akan membuat mesin mudah rusak.

5. Menggunakan benang jahit.
Pilih benang jahit yang sesuai dengan warna kain. Dalam menjahit, gunakan setting kerapatan medium agar saat ada kesalahan, jahitan dapat dengan mudah di buka. Sebaliknya, hindari jahitan yang terlalu jarang jaraknya karena akan sangat mudah lepas.

6. Pemasangan asesoris.
Jahitan dengan bahan polos sebaiknya menggunakan kancing bercorak agar membantu menonjolkan model baju. Sama halnya dengan reseleting, untuk rok dan atasan reseleting Jepang sangat cocok, karena reseleting tersembunyi. Untuk model jaket, gunakan reseleting yang awet dari bahan plastik, karena pada reseleting yang terbuat dari besi bila sering dibilas akan menguning dan menghasilkan karat yang menodai pakaian.

7. Ukuran
Untuk jenis rompi, jas, jas hujan dan kebaya yang dipakai di bagian luar, penjahitan pakaian sebaiknya diberi kelonggaran 1-2 cm karena tentunya penggunanya akan memakai korset bagi kebaya dan baju atau kaos bagi rompi dan jas.

Juga untuk baju ibu hamil dan orang yang mudah bertambah berat badannya, sebaiknya tidak menggunakan ukuran jahitan yang terlalu pas dengan tubuh. Gunakan karet yang diserut atau bahan elastis agar baju tetap dapat dipakai bila bobot tubuh meningkat secara tajam.

Demikian tips menjahit baju yang aman, nyaman dan semoga dapat menjadi panduan dalam mendesain pakaian agar selalu modis dan tampil menarik di segala kesempatan. Tips ini berlaku bagi seluruh kalangan usia dan dengan selera busana yang beragam. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar