7 Strategi Mencari Dan Mendapatkan Pekerjaan Baru Di Awal Tahun

7 Strategi Mencari Dan Mendapatkan Pekerjaan Baru Di Awal Tahun

Tahun baru sudah berlalu, tentu saja akan semakin banyak tantangan dalam hidup yang harus kita hadapi. Seperti pada umumnya setiap peristiwa pergantian tahun selalu disertai dengan resolusi-resolusi yang ingin dicapai dalam waktu satu tahun ke depan. Anda mungkin termasuk salah satu orang yang juga telah membuat resolusi di awal tahun ini dan telah menyusun rencana bagaimana cara untuk mewujudkan dan mendapatkannya.

Jika resolusi anda di awal tahun ini ialah keluar dari pekerjaan lama dan mencari pekerjaan yang baru, mungkin kiat-kiat yang akan dijelaskan di dalam tulisan ini bisa anda coba terapkan. Mencari pekerjaan baru bukanlah sesuatu yang mudah, diperlukan strategi tertentu agar anda bisa menjadi pemenang dalam persaingan mendapatkan suatu pekerjaan. Anda mungkin sudah merasa memiliki cukup bekal kemampuan dan ketrampilan, tetapi jangan salah, di luar sana juga banyak orang yang kemampuannya setara atau malah lebih baik dari anda.

  1. Lakukan Branding Pada Diri Anda


Seperti juga ketika anda menjual sebuah produk, anggaplah diri anda merupakan produk tersebut dan perusahaan yang anda lamar ialah konsumennya. Agar konsumen tertarik, maka buatlah konsumen tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan, yaitu kemampuan anda dalam bekerja. Lakukan branding pada diri anda agar perusahaan-perusahaan di luar sana tahu dan mengenal siapa anda dan apa saja keahlian anda. Branding adalah suatu cara memperkenalkan diri anda dan membuat orang lain tahu bahwa anda “ada”.

[caption id="attachment_3070" align="aligncenter" width="630"]Mencari pekerjaan Mencari pekerjaan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Perbaiki Resume Anda


Alat untuk membranding atau mengenalkan diri anda pada perusahaan, salah satunya ialah resume atau daftar riwayat hidup (CV) anda. Buatlah resume yang singkat tetapi cukup untuk menggambarkan siapa diri anda, apa keahlian yang bisa anda tawarkan. Jika anda sudah memilikinya, maka sebaiknya resume tersebut selalu anda perbaiki dan perbarui secara rutin, terutama jika ada perubahan yang bisa mendukung lamaran anda pada sebuah perusahaan. Susun resume dengan format yang menarik agar pihak perusahaan akan cenderung membaca resume anda sampai selesai dan mendahulukan resume anda daripada milik orang lain.

  1. Siapkan Surat Lamaran.


Hal yang tidak kalah penting ialah surat lamaran yang akan anda kirimkan atau ajukan kepada perusahaan. Kebiasaan banyak orang ialah melakukan copy paste surat lamaran dari teman atau surat lamaran lama untuk melamar kepada banyak perusahaan. Padahal perusahaan yang anda lamar bukanlah perusahaan yang sama apalagi jika ternyata perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di bidang yang berbeda, maka sangat besar kemungkinan surat lamaran anda menjadi tidak cocok, bahkan terkesan ngasal. Ini bisa membuat perusahaan menganggap anda orang yang malas, dan anda bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian sejak awal. Jadi buatlah surat lamaran yang berbeda untuk perusahaan dan bidang pekerjaan yang berbeda.

  1. Perbarui LinkedIn Anda


Jika anda sudah bergabung dan memiliki akun LinkedIn, maka sebaiknya anda juga melakukan hal yang sama dengan yang anda lakukan pada resume anda, yaitu memperbaruinya secara rutin. Bukan hanya yang berhubungan dengan riwayat pekerjaan dan riwayat pendidikan anda saja, tetapi juga mungkin bagaimana membuat LinkedIn anda menjadi lebih mudah ditemukan dalam mesin pencarian perusahaan, jadi buatlah informasi diri anda di dalam LinkedIn menjadi lebih spesifik agar perusahaan lebih mudah menemukan anda.

  1. Menambah Networking


Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang baru tidak harus selalu mencarinya melalui lowongan-lowongan yang terdapat di media. Kita tahu bahwa banyak perusahaan yang tidak membuat lowongan pekerjaan secara terbuka di media, tetapi hanya melalui “orang dalam” perusahaan. Agar anda juga bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan semacam ini, caranya ialah dengan menambah pertemanan agar anda memiliki networking atau jaringan pertemanan yang baru dan lebih luas. Siapa tahu justru dari cara inilah anda mendapatkan pekerjaan baru yang anda impikan.

  1. Cari Tahu Profil Perusahaan Yang Anda Incar


Dalam sebuah wawancara untuk proses rekrutmen perusahaan, biasanya yang akan ditanyakan oleh HRD ialah apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini, dan apa yang membuat anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini. Cara agar anda bisa menjawab pertanyaan jebakan seperti itu dengan tepat ialah dengan mengetahui secara garis besar informasi-informasi penting tentang perusahaan tersebut. Anda bisa mencari informasinya melalui website resmi perusahaan tersebut, atau lewat sosial media yang dimiliki oleh perusahaan itu.

  1. Tambah Keahlian Anda


Selama anda menunggu kesempatan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan baru, maka tidak ada salahnya jika anda mengambil beberapa kursus yang akan mendukung kemampuan dan keahlian yang sudah anda miliki sebelumnya. Terutama jika ternyata perusahaan yang anda incar mensyaratkan kemampuan tertentu yang mungkin saat ini belum anda miliki, seperti kemampuan untuk berbahasa asing, maka anda bisa menambah kemampuan tersebut dengan mengambil atau mengikuti kursus bahasa asing sesuai kebutuhan.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar