4 Rahasia Memasak Steak Lezat Ala Restoran

4 Rahasia Memasak Steak Lezat Ala Restoran

Olahan daging sapi yang cukup digemari salah satunya ialah steak, dari anak-anak sampai orang dewasa. Steak bukan lagi makanan mahal sekarang, seiring dengan makin banyaknya konter-konter makanan yang menyediakan steak pada menunya. Masalahnya hanyalah banyak yang diklaim sebagai steak, ternyata tak lebih hanyalah potongan daging kecil yang disajikan dengan bumbu steak dan sayuran pelengkapnya. Tentu saja anda tidak akan mendapatkan steak yang lezat dengan harga yang murah.

Steak yang sudah terjamin kelezatannya tentunya hanya tersedia di restoran yang mahal, tapi tentu hal ini membuat anda terkadang harus berpikir lagi karena akan cukup menguras kantong anda. Ingin memasak steak sendiri agar lebih hebat tapi mungkin anda merasa tidak akan mendapatkan kelezatan steak restoran, salah satunya karena anda tidak memiliki hot plate, dimana biasanya steak yang lezat disajikan di atas hot plate. Padahal sebenarnya anda bisa memasak sendiri steak yang lezat ala restoran mahal di rumah anda dengan alat yang biasa anda gunakan memasak sehari-hari dengan mengetahui rahasianya.

Cara membuat steak ala restoran


[caption id="attachment_3143" align="aligncenter" width="630"]cara membuat steak ala restoran cara membuat steak ala restoran (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Pertama, siapkan dulu semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan, yaitu daging (jenis dan banyaknya tergantung kebutuhan dan selera anda), garam, lada hitam, bumbu steak, minyak zaitun atau minyak sayur dan cast iron skilled atau bisa juga anda gunakan teflon.

  1. Membumbui Steak.


Pertama cuci bersih daging dan bumbui dulu daging yang akan anda masak menjadi steak dengan garam, lada hitam dan bumbu steak. Oleskan atau taburkan bumbu di permukaan daging dan tekan-tekan dengan jari agar bumbu meresap ke dalam daging. Biarkan selama 15 menit.

  1. Memanaskan Cast Iron Skilled (pemanggang)


Selanjutnya panaskan cast iron skilled atau kita lebih mengenalnya dengan wajan pemanggang. Olesi dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Saat minyak mulai mengeluarkan asap, artinya daging anda siap dipanggang.

  1. Masukkan Daging ke dalam pemanggang dan masaklah masing-masing sisi daging selama 5-6 menit untuk tingkat kematangan sedang (medium).


Jika anda ingin yang tidak terlalu matang, bisa anda kurangi waktu memasaknya, jika ingin kematangan sempurna (well done) anda bisa tambahkan beberapa menit waktu memasak daging tersebut.

Ingat, jangan membalik daging jika belum mencapai tingkat kematangan yang diinginkan sesuai waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tekstur yang baik.

  1. Setelah waktu memanggang selesai, angkatah daging dari pemanggang anda dan diamkan selama sekitar 5 menit agar daging terasa lebih “juicy” dan menjadi lebih lezat.

  2. Sajikan steak beserta dengan pelengkapnya, seperti sayuran atau saos sesuai selera anda. Nikmati steak lezat ala restoran yang telah anda masak sendiri.


Demikianlah cara membuat steak ala restoran, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar