3 Tips Menyimpan Kentang Dalam Jangka Waktu Lama

3 Tips Menyimpan Kentang Dalam Jangka Waktu Lama

Kentang merupakan sumber karbohidrat alternatif yang relatif sering digunakan sebagai pengganti nasi, terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet untuk mengurangi berat badan. Kelebihan kentang dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya ialah kentang merupakan bahan pangan yang bisa dipadukan dengan jenis makanan lainnya dan bisa diolah menjadi beragam menu masakan. Jika ketela atau singkong memiliki tekstur yang bisa membuat kita sulit menelan, kentang tidak demikian, karena kentang memiliki tekstur yang cukup lembut dan gurih meskipun tidak dibumbui dengan apapun.

Kentang juga mudah didapatkan karena tidak mengenal musim. Tetapi masalah yang timbul dari hal tersebut ialah bagaimana cara menyimpan kentang yang benar agar bisa awet dan tidak cepat rusak dalam waktu yang relatif lama. Kentang yang sudah rusak biasanya akan timbul lubang-lubang pada permukaannya dan akan membuat dagingnya membusuk secara perlahan-lahan. Meskipun kentang tidak mengenal musim, tetapi terkadang karena suatu sebab maka harga kentang menjadi lebih mahal dari biasanya, jika anda masih memiliki simpanan kentang di rumah, maka anda tidak perlu pusing dengan harga kentang yang sedang mahal.
cara menyimpan kentang agar tahan lama
cara menyimpan kentang agar tahan lama


Kalau anda ingin bisa menyimpan kentang agar awet dan masih dalam kondisi yang baik untuk jangka waktu yang lama, simaklah tips untuk menyimpan kentang berikut ini:

Cara menyimpan kentang agar tahan lama



  1. Lakukan Penyortiran Kentang

Sebelum melakukan penyimpanan, pastikan bahwa kentang sudah dibersihkan. Cara membersihkannya ialah letakkan kentang di atas koran bersih dan kering kemudian letakkan di tempat yang tidak banyak terkena sinar matahari, dan suhunya cukup dingin sekitar 10°C -16°C tetapi bukan di dalam kulkas, dan biarkan selama 2 minggu. Tapi jika kentang yang anda beli sudah cukup bersih dari tanah yang menempel, maka anda tidak perlu melakukan langkah di atas. Yang perlu diingat, jangan membersihkan kentang dengan cara mencucinya dengan air jika ingin menyimpannya untuk waktu lama.

Setelah kentang bersih, sebelum menyimpannya anda harus periksa kondisi kentang dan pisahkan kentang yang sudah memiliki tanda-tanda kerusakan atau kurang baik kondisinya dari kentang yang masih bagus. Simpan di dalam laci kulkas anda secara terpisah, dan gunakan terlebih dahulu kentang yang kondisinya kurang baik.

  1. Siapkan Wadah Penyimpanan

Untuk penyimpanan agar kentang bisa bertahan dalam waktu relatif lebih panjang dengan kodisi yang masih bagus, maka simpanlah kentang pada wadah yang tepat. Sebaiknya simpanlah kentang dalam wadah yang memungkinkan sirkulasi udara berjalan lancar agar kentang tidak lembab dan ditumbuhi jamur yang akan mempercepat rusaknya kentang.

Anda bisa menyimpan kentang di dalam kardus, keranjang atau juga ember plastik yang memiliki tutup. Masukkan kentang ke dalam wadah penyimpanan dan jangan menutupnya dengan rapat agar udara masih bisa keluar masuk wadah. Kemudian letakkan kentang di tempat yang memiliki suhu antara 10°C - 16°C di rumah anda atau pilihlah tempat yang dirasa paling sejuk / dingin pada rumah anda.

  1. Anjuran Dan Larangan Penyimpanan

Kentang merupakan jenis sayuran yang tumbuh dengan baik di suhu yang relatif rendah atau dingin, maka boleh dan baik disimpan bersamaan dengan jenis sayuran yang juga memiliki kelembapan tinggi yang biasanya juga ditanam di tempat yang bersuhu dingin, seperti labu atau talas. Kentang juga boleh disimpan bersamaan dengan mentimun, paprika, buncis dan terong.

Tetapi, juga perlu diperhatikan bahwa kentang sensitif terhadap gas etilen yang dihasilkan oleh beberapa buah seperti pisang, melon dan apel, jadi jauhkan kentang anda dari buah-buahan tersebut jika anda ingin kentang anda awet dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

Demikianlah cara menyimpan kentang agar tahan lama, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar