3 Cara Membuat Sendiri Pembersih Karpet Murah Meriah

3 Cara Membuat Sendiri Pembersih Karpet Murah Meriah

Kalau ada barang di rumah yang masuk dalam kategori sulit untuk membersihkannya, salah satunya ialah karpet. Karpet yang biasa dipasang pada lantai ruang tamu, ruang keluarga atau di dalam kamar anda pasti sangat mudah kotor, baik oleh debu ataupun noda kotoran lainnya, seperti minyak dan lainnya. Belum lagi bulu dari binatang kesayangan anda, atau serat-serat lainnya yang mungkin berasal dari barang lain di rumah anda.

Karpet yang semakin bagus kualitasnya, maka akan memiliki bulu yang semakin tebal dan halus, sehingga akan semakin sulit juga untuk membersihkannya dari debu dan kotoran. Anda mungkin biasa menggunakan vacum cleaner sebagai alat pembersih karpet anda, tapi mesin vacum tidak mampu mengangkat dan membersihkan noda yang menempel pada karpet, hanya bisa membersihkan karpet dari debu dan bulu saja. Padahal, jika noda yang menempel pada karpet dibiarkan saja dalam waktu lama, maka kemungkinan tidak bisa dibersihkan lagi.
cara membuat pembersih karpet
cara membuat pembersih karpet


Memang banyak jenis pembersih karpet yang dijual di pasaran, tapi tentu saja harganya juga tidak murah. Anda harus menyediakan budget khusus untuk membeli pembersih karpet dengan kualitas yang bagus. Tentu saja ini cukup menguras kantong, apalagi jika karpet di rumah anda termasuk mudah kotor dan harus sering dibersihkan, karena mungkin merupakan tempat bermain bagi anak-anak anda. Anda tidak perlu kuatir, karena anda bisa membuat sendiri pembersih karpet yang murah meriah tapi memiliki kemampuan membersihkan yang tidak kalah dengan produk pembersih karpet di pasaran.

Cara membuat pembersih karpet



  1. Dengan Detergen Pencuci Piring

Cara yang pertama ialah menggunakan cairan pencuci piring di rumah anda. Campurkan detergen pencuci piring sebanyak ¼ sendok makan ke dalam 1 cangkir/ gelas air hangat, aduk. Celupkan kain bersih ke dalamnya kemudian gunakan untuk menggosok bagian yang kotor pada karpet anda. Gosok dengan sedikit ditekan agar kotoran hilang. Bilas dan bersihkan dengan kain kering.

  1. Dengan Amonia

Campurkan 1 sendok makan amonia dengan ½ cangkir/ gelas air hangat suam-suam kuku. Masukkan dalam wadah semprotan.

Semprotkan pada karpet yang kotor dan diamkan selama 5-10 menit.

Gosok dengan sedikit tekanan sampai bersih kemudian bilas dan bersihkan dengan kain basah.

  1. Dengan Cuka Dan Cairan Pencuci Piring

Campurkan 1 sendok makan cuka, 1 sendok makan sabun pencuci piring dan 1 cangkir/ gelas air hangat suam-suam kuku. Aplikasikan campuran cuka sabun tadi pada karpet yang kotor dan gosok perlahan dengan menggunakan handuk bekas. Bilas dan bersihkan menggunakan handuk yang sedikit dibasahi kemudian biarkan kering.

Demikianlah cara membuat pembersih karpet, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar