15 Tips untuk Menyehatkan Otak

15 Tips untuk Menyehatkan Otak

Salah satu organ tubuh yang vital yang berfungsi untuk mengendalikan seluruh tubuh manusia ialah otak. Otak memiliki fungsi untuk berpikir, ataupun memerintahkan untuk menggerakkan anggota tubuh manusia yang lain, misalnya tangan, kaki atau mulut. Sehingga manusia sangat membutuhkan kinerja otak yang sehat. Karena ketika kita mempunyai otak yang tidak sehat, kita akan cenderung mengalami stres, dan bahkan akan dapat membuat kita mengalami sakit fisik.

Tips untuk menyehatkan otak


Jadi, bagaimana caranya agar kita dapat mempunyai otak yang sehat?

  1. Berolah raga secara rutin, misalnya berjalan kaki, bersepeda, yoga, berlari, berenang atau olah raga apapun juga yang membuat kita merasa nyaman, serta akan membuat tubuh kita lebih sehat. Dengan berolah raga, otak akan memperoleh asupan nutrisi, sekaligus akan menyegarkan dan membuat pikiran kita lebih optimal, konsisten dan fokus.

  2. Buang jauh-jauh pikiran khawatir dan hal-hal negatif. Dan mulailah selalu berpikir positif dan optimis, apapun masalah yang sedang anda alami.

  3. Setiap kali memasak, cobalah untuk mencampurkan sedikit kunyit. Dengan memakan kunyit, berbagai gangguan di otak akan berkurang.

  4. Luangkan waktu untuk menikmati alam. Berjalan-jalan di taman, di pantai, ataupun di pegunungan akan dapat menyehatkan jiwa dan raga kita, dan pikiran kita akan kembali tenang, sehingga kita akan merasa hidup lebih baik.

  5. Memakan buah dan sayuran berdaun hijau secara rutin yang mengandung berbagai macam zat gizi dan vitamin, yang sangat berguna bagi kesehatan otak. Misalnya buah beri dan sejenisnya, bayam, kangkung dan sebagainya.

  6. Rutin melakukan meditasi, berlatih mengatur pernapasan, dan berlatih memusatkan pikiran kita, akan membuat tubuh kita merasa lebih santai, segar dan bersemangat, serta akan membuat kita memiliki pikiran yang lebih sehat, sehingga tidak akan membuat kita gampang mengalami stres.

  7. Bergembira dan tertawa dengan teman dan keluarga kita, akan membuat pikiran kita lebih santai, dan hidup kita akan lebih menyenangkan. Atau bisa juga tertawa karena membaca buku ataupun menonton film komedi.

  8. Melatih tangan kita agar bisa menulis dengan tangan kiri dan tangan kanan. Kegiatan semacam ini akan menguatkan saraf yang sudah ada, serta kemungkinan akan memunculkan saraf yang baru.

  9. Membiasakan diri untuk rajin membaca, berbagai macam bacaan, yang menarik minat baca kita. Dengan membaca, otak akan membangun cadangan kognitif, dimana akan menunda munculnya demensia, dan akan menjadi lebih sehat. Dengan rajin membaca, kita akan menjadi lebih berpikir kritis dan mudah mengolah pengetahuan.

  10. Rutin bermain berbagai macam permainan yang memiliki strategi akan bisa melatih otak kita, misalnya bermain catur, puzzle, monopoli atau mengisi teka-teki silang.

  11. Cobalah sekali-kali untuk merubah rutinitas hidup kita, karena dengan melakukan hal ini, saraf otak yang sebelumnya tidak aktif, akan menjadi aktif kembali.

  12. Mempelajari bahasa asing yang belum pernah kita pelajari, juga akan mengaktifkan dan memaksimalkan kinerja otak kita. Jadi rajin-rajinlah belajar bahasa asing.

  13. Mendengarkan musik serta memainkan alat musik akan mengaktifkan saraf dan akan membuat otak kita berkembang pesat, serta mampu mengoptimalkan kinerja otak kita.

  14. Rutin bersosialisi dengan teman, keluarga, atau orang asing akan memberikan kita perlindungan terhadap alzheimer.

  15. Mempelajari hal-hal baru yang belum pernah anda pelajari sebelumnya, juga akan dapat membuat otak kita selalu tetap aktif.


 

[caption id="attachment_3101" align="aligncenter" width="630"]tips untuk menyehatkan otak tips untuk menyehatkan otak (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Demikianlah tips untuk menyehatkan otak, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar