12 Tips Sebelum Membeli Sepatu

12 Tips Sebelum Membeli Sepatu

Sebelum membeli sepatu sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

Tips sebelum membeli sepatu



  1. Jangan membeli sepatu di saat “lapar mata” dan atau karena ada sale (diskon besar-besaran). Karena di saat seperti ini, kita bisa membeli sepatu hanya karena gengsi, terlihat mahal atau imut, tidak perduli bahwa sepatu itu tidak cocok dengan isi dompet kita atau bentuk kaki kita. Belilah sepatu karena kita memang membutuhkannya. Atau kalau misalnya ingin membeli sepatu yang terlihat keren untuk kita, pastikan bahwa sepatu itu memang benar-benar cocok dengan kaki kita, tidak kebesaran atau kekecilan, dan tidak membuat kita terlihat aneh jika kita memakai sepatu keren tersebut.



  1. Pastikan bahwa kita membeli sepatu sesuai dengan aktivitas kita. Misalnya kalau kita ingin ikut aerobik, carilah sepatu yang memang cocok untuk aerobik, dan bukan membeli sepatu untuk berlari.


[caption id="attachment_3117" align="aligncenter" width="630"]tips sebelum membeli sepatu tips sebelum membeli sepatu (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Yang harus diingat ialah pada setiap merk sepatu tidak memiliki ukuran yang sama. Jadi sebaiknya jika kita ingin membeli sepatu, belilah sepatu sendiri, dan diusahakan jangan menitip teman untuk membelikan. Sehingga, sepatu akan benar-benar pas di kaki kita. Dan pastikan juga, untuk tidak membeli sepatu yang terlalu muat di kaki, berilah ruang sekitar satu sentimeter antar ujung sepatu dengan ujung kaki.



  1. Mengetahui terlebih dahulu bentuk telapak kaki kita. Karena bentuk telapak kaki juga dapat mempengaruhi bentuk model sepatu. Jika kita mempunyai telapak kaki yang lebar, diusahakan untuk jangan mencari sepatu yang memiliki ujung runcing, karena dapat menyakiti kaki kita.



  1. Carilah sepatu yang memiliki bahan yang membuat kaki kita nyaman. Sepatu yang memiliki bahan yang lembut dan fleksibel akan terasa lebih nyaman, daripada kita memakai sepatu yang kaku. Untuk beberapa orang, memakai sepatu yang memiliki bahan kaku akan membuat terasa kurang nyaman dan juga akan menyakiti kaki, seperti lecet dan terasa perih.



  1. Jika sudah menjatuhkan pilihan ke sepatu tertentu, cobalah minimal 3 ukuran sepatu. Rasakanlah sepatu mana yang nyaman sekali ketika digunakan.



  1. Cobalah sepasang sepatu yang akan dibeli, dan gunakan untuk berjalan beberapa langkah terlebih dahulu, rasakan apakah kaki kita benar-benar nyaman atau tidak. Gunakan juga cermin untuk melihat apakah model sepatu tersebut cocok dengan bentuk kaki kita. Jadi, pastikan bahwa sepatu yang akan kita beli sudah terasa nyaman sejak di toko sepatu.



  1. Untuk para wanita, jika ingin membeli high-heels, carilah yang benar-benar membuat kaki terasa nyaman. Karena jika memakai sepatu jenis ini terlalu lama, akan membuat kita mulai terasa pegal, dan pemakaian dalam jangka panjang akan dapat membahayakan kesehatan.



  1. Sore hari merupakan waktu yang pas untuk membeli sepatu. Karena di sore hari, setelah beraktivitas seharian, kaki kita secara alami dalam keadaan melebar maksimal.



  1. Jangan membuang kotak sepatu. Karena dengan menyimpan sepatu yang sedang tidak dipakai ke dalam kotak sepatu, akan membuat sepatu lebih awet.



  1. Pilihlah warna sepatu yang bisa dipadupadankan dengan baju atau asesoris yang sedang dikenakan, atau bisa masuk ke segala macam tema acara. Warna yang netral dan aman yang bisa dibeli ialah warna coklat, putih, krem, hitam atau abu-abu.



  1. Menyesuaikan bentuk sepatu dengan bentuk tubuh. Jangan memilih high-heels dengan hak yang tipis, jika mempunyai bentuk tubuh yang besar misalnya, karena akan membahayakan tubuh kita sendiri.


Demikianlah tips sebelum membeli sepatu, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar