Menjadi Lebih Rileks Dalam 30 Menit, Inilah 5 Tips Rahasianya

Menjadi Lebih Rileks Dalam 30 Menit, Inilah 5 Tips Rahasianya

Percayalah bahwa tidak sendirian dalam merasakan hal-hal yang memusingkan dan cukup memberikan tekanan pada pikiran. Cukup banyak orang yang sering merasa sangat tertekan dengan permasalahan dalam hidup dan juga pekerjaan, sehingga jauh dari rasa santai atau rileks. Hampir 29%-33% orang dewasa pernah bahkan sering mengalami stres.

Sepertinya kata rileks sudah menjadi hal yang cukup mahal sekarang ini. Bayangkan, hanya agar bisa merasa lebih rileks dan mengurangi rasa stres orang tak jarang harus merogoh kocek cukup dalam untuk melakukan treatment atau sekedar liburan. Memang beberapa aktivitas bisa membantu anda relaksasi, seperti melakukan meditasi atau berolahraga, tetapi ternyata bagi beberapa orang, hal tersebut juga masih agak sulit untuk dilakukan dengan berbagai alasan, seperti tidak ada waktu dan sebagainya.

[caption id="attachment_2990" align="aligncenter" width="640"]cara untuk rileks cara untuk rileks (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Untuk membantu banyak orang dengan masalah sulitnya menjadi rileks, maka ada beberapa studi yang dilakukan dan hasilnya ternyata ada beberapa cara mudah untuk menjadi lebih santai dan rileks dalam waktu yang tidak terlalu lama, hanya sekitar 30 menit.

Cara untuk rileks



  1. Tertawa


Kapan terakhir kali anda bisa tertawa lepas dan merasakan semua masalah seperti hilang. Tahukah anda bahwa tertawa bisa membuat anda merasa lebih bersemangat dan mengurangi rasa stres. Hanya dengan tertawa maka detak jantung anda akan membantu menurunkan detak jantung dan juga tekanan darah, hal ini akan mempengaruhi kadar gula darah dan menjaganya tetap normal.

  1. Makan Jeruk


Idiom yang sudah umum kita dengar ialah vitamin C merupakan zat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan bermanfaat untuk melawan kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit. Vitamin C  juga berperan dalam melawan rasa stres. Penelitian menemukan bahwa persediaan vitamin C dalam tubuh akan diambil ketika kita merasa stres untuk membantu menjaga tekanan darah dan menenangkan tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa sudah lama jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik, sehingga ketika anda merasa sedang mengalami banyak masalah dan stres, jangan tunda untuk makan buah jeruk.

  1. Berjalan-jalan Keluar Rumah


Dalam jurnal Environmental Science & Technology tahun 2010, menemukan fakta bahwa hanya dengan berjalan-jalan ke luar rumah dan menghirup udara segar serta melakukan olahraga ringan selama 5 menit, sudah bermanfaat untuk meningkatkan mood anda. Melihat tanaman yang berwarna hijau bisa menurunkan tingkat stres yang anda alami. Penelitian yang lain menemukan bahwa ingatan dan fokus anda akan meningkat sebesar 20% hanya dengan cara anda menikmati alam bebas selama satu jam.

  1. Oleskan Minyak / Air Mawar


Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Srinakharinwirot, Thailand menemukan fakta bahwa orang yang menggunakan minyak bunga mawar pada kulitnya meskipun hanya sebagai campuran masker wajah (tidak begitu tercium aroma mawarnya), ternyata mengalami penurunan detak jantung dan tekanan darah sehingga mereka merasa lebih rileks dari sebelumnya.

  1. Berjalan Ke Ruangan Lain


Kedengarannya ini merupakan hal yang sepele dan tidak berarti, tetapi dengan merasakan suasana ruangan yang berbeda akan membantu anda melupakan rasa stres. Berdasarkan sebuah studi, berjalan ke ruangan yang lain akan membuat otak membacanya sebagai sesuatu hal/ kejadian yang baru, sehingga otak akan mengatur ulang dirinya dan melupakan hal yang telah terjadi sebelumnya.

Demikianlah cara untuk rileks, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar