Ketahui 7 Cara Mengolah Telur Dengan Hasil Sempurna

Ketahui 7 Cara Mengolah Telur Dengan Hasil Sempurna

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang relatif mudah didapatkan, masih terhitung murah dan banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain digunakan sebagai lauk, telur juga dipakai sebagai bahan pembuat kue, puding dan olahan masakan lainnya. Telur juga merupakan salah satu jenis makanan yang sudah cukup lengkap kandungan nutrisinya, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Tetapi banyak yang belum paham bagaimana cara memasak atau mengolah telur yang baik sehingga tidak mengurangi nilai gizinya, dan juga terhindar dari efek buruk yang mungkin disebabkan oleh bakteri dalam telur. Beberapa tahun belakangan ini, sejak merebaknya kasus flu burung, masyarakat dihimbau untuk memasak segala makanan dari unggas dengan benar-benar matang, termasuk mengolah telur. Selain itu, pengolahan yang kurang sempurna juga berisiko anda terkena penyakit yang disebabkan oleh Salmonella, tetapi pengolahan yang terlalu matang juga akan mengurangi nilai gizinya.

[caption id="attachment_2836" align="aligncenter" width="640"]Cara mengolah telur Cara mengolah telur (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Agar anda bisa mendapatkan telur yang matang dengan baik dan sempurna, serta akan membawa dampak yang baik bagi kesehatan, simak caranya seperti berikut :

  1. Goreng


Yang dimaksud dalam cara goreng ini ialah telur ceplok, bukan dadar atau omelet. Siapkan wajan, isi dengan minyak goreng secukupnya, taruh diatas kompor tetapi jangan dinyalakan terlebih dahulu. Pecahkan telur ke dalam wadah atau mangkok, taburi sedikit garam dan lada. Nyalakan kompor anda dan tanpa menunggu minyak panas, masukkan telur ke dalam wajan tersebut.

Jika minyak mulai panas, dan telur sudah setengah matang masukkan mentega ke dalam wajan, tunggu sampai putih telurnya mengeras kemudian baliklah agar sisi yang diatas juga matang. Tapi jika anda menginginkan kuning telur yang terlihat lebih cantik tanpa dibalik, anda bisa lakukan dengan memercikkan minyak penggorengan ke atas kuning telur selama proses memasak dengan menggunakan sendok, ini akan membantu pematangan pada kuning telur.

Mengapa telur dimasukkan sebelum minyak dalam wajan menjadi panas, tujuannya ialah untuk menghindari terjadinya pinggiran telur yang gosong dan keras. Selain itu, yang lebih utama ialah agar kandungan nutrisinya tidak terlalu banyak yang rusak, karena proses pemanasan selama penggorengan.

  1. Rebus


Untuk mendapatkan telur rebus yang sempurna maka lakukanlah langkah-langkah berikut ini: siapkan panci berisi air dingin dan celupkan telur yang akan direbus ke dalamnya. Kemudian rebus dengan api sedang sampai airnya mendidih, lalu tutuplah panci, biarkan mendidih sekitar 8-10 menit.

Setelah itu, kemudian angkat panci dan tuangkan air dari kran ke dalam panci tersebut, baru angkat telur dan kupas. Jika menginginkan kuning telur yang lebih lembut bisa dimasak dengan waktu yang lebih singkat lagi, yaitu sekitar 5 menit.

  1. Poached


Metode memasak ini mirip dengan merebus, hanya saja jika merebus kita menggunakan air yang mendidih, sedangkan poaching adalah teknik memasak dengan api sedang dan perlahan-lahan. Jika anda ingin mencobanya, maka siapkan panci berisi air dan panaskan di atas kompor dengan panas sedang. Campurkan air dengan sedikit cuka untuk membantu proses penggumpalan.

Ambil telur ukuran sedang, lalu pecahkan dalam panci, tunggu sampai putih telurnya mengental. Dengan menggunakan sendok, sedikit demi sedikit aduk air dengan perlahan agar putih telur bisa menutup kuning telur secara sempurna, atau bisa juga dengan memercikan air rebusan ke atas putih telur. Kemudian pelan-pelan baliklah telur dan lakukan cara yang sama sampai telur matang sekitar 5 menit.

  1. Memasak Telur Orak Arik / Scrambled


Telur orak arik biasa dipakai sebagai pelengkap sandwich dan juga sebagai lauk nasi yang praktis. Pada dasarnya, membuat scrambled egg mirip dengan membuat omelet atau telur dadar, hanya saja pada saat setengah matang, kita aduk telur agar menjadi perintilan-perintilan kecil. Untuk mendapatkan telur, orak arik yang nikmat dan lebih bervolume (ada sensasi empuk) dan lembut, maka kuncinya ialah dengan menambahkan krim ke dalamnya.

Siapkan telur yang sudah dipecah ke dalam mangkok, tambahkan garam, lada dan sedikit krim, lalu kocok telur sampai tercampur sempurna, setelah itu tuang dalam wajan panas. Ketika setengah matang, tambahkan mentega ke dalamnya kemudian aduk telur sampai matang.

Jika anda lebih suka telur dadar, maka anda bisa lakukan hal yang sama tetapi tanpa mengaduknya, tinggal membalik telur agar kematangan pada kedua sisi sama.

  1. Bakar


Anda pernah mendengar cara memasak telur dengan cara dibakar? Mungkin tidak banyak yang mengolah telur dengan cara ini, tapi sebenarnya cara pengolahan dengan dibakar bertujuan agar lebih efisien dan hemat waktu, karena kita bisa membakar beberapa porsi dalam satu waktu. Ini dibutuhkan saat kita harus menyiapkan banyak olahan telur dalam waktu yang singkat.

Caranya cukup mudah, anda tinggal memecahkan telur ke dalam wadah yang sudah disiapkan, tentunya yang cocok untuk membakar, seperti cetakan muffin atau lainnya. Agar lebih enak, tentu saja jangan lupa membumbui telur dengan sedikit garam dan lada. Oven dengan suhu 325°C sampai bagian putihnya mengental, sedangkan untuk kuning telur bisa disesuaikan selera anda tingkat kematangannya.

Kalau anda ingin mendapatkan telur bakar yang lebih bervariasi dan lebih sehat, anda bisa menambahkan irisan alpukat atau tomat ke dalam telur sebelum dibakar.

  1. Memasak telur di Mikrowave.


Jika anda termasuk orang yang cukup sibuk pada pagi hari dan kesulitan untuk menyiapkan sarapan yang sehat bagi keluarga, tidak ada salahnya mencoba cara ini.

Siapkan wadah dan taburkan sedikit garam ke dalamnya lalu pecahkan telurnya ke dalam wadah tersebut.

Anda bisa tambahkan irisan sosis atau daging asap, kemudian tutup bagian atasnya dengan alumunium foil dan masukkan ke dalam mikrowave, setel waktu selama 50 detik, setelah itu ganti dengan 30 detik. Jika sudah, anda bisa ambil telurnya dan buka penutupnya, kalau dirasa masih kurang matang bisa anda masukkan mikrowave lagi selama 10 detik.

  1. Panggang


Jika pada cara pengolahan telur dengan dibakar kita memasukkan telur mentah langsung ke dalam oven berbeda dengan cara dipanggang. Cara ini bukan dengan memasak telur mentah langsung dimasukkan ke dalam oven, melainkan telur yang sudah direbus. Tujuannya agar kita mendapatkan telur dengan tekstur yang lebih kenyal dan bisa lebih awet daripada direbus biasa.

Panaskan oven pada suhu 350°C sebelum digunakan kemudian siapkan telur rebus dalam wadah pemanggangan. Masukkan ke dalam oven sampai kulitnya berwarna kecoklatan dan tampak mengeras. Jika sudah, maka matikan oven, tunggu beberapa menit lalu keluarkan telur dan anda sudah dapatkan telur panggang yang lezat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar