Inilah Cara Sehat Untuk Menambah Berat Badan

Inilah Cara Sehat Untuk Menambah Berat Badan

Bagi kebanyakan orang, menjaga berat badan agar tetap ideal atau mengurangi berat badan merupakan suatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Tetapi bagi sebagian orang justru sebaliknya, mengalami kesulitan untuk menambah berat badannya agar menjadi ideal atau untuk alasan kesehatan. Sama seperti halnya orang yang ingin mengurangi berat badan, mereka mungkin juga sudah melakukan banyak cara agar bobot tubuhnya bertambah.

Agar berat badan bertambah, seharusnya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar daripada jumlah aktivitas yang dilakukan, sehingga akan ada sisa pembakaran dari makanan yang akan disimpan menjadi massa otot. Tapi jangan pernah berpikir bahwa usaha menambah berat badan, berarti juga anda bisa asal mengonsumsi makanan-makanan yang tidak baik seperti sembarang lemak atau karbohidrat dalam jumlah banyak.

Seperti halnya orang yang ingin menurunkan berat badannya, ada beberapa kiat jika anda ingin bisa menambah berat badan. Yang paling mudah untuk dilakukan ialah dengan memilih jenis makanan yang tepat untuk membantu usaha menambah berat badan. Makanan yang tepat dan juga sehat tentunya yaitu:

  1. Protein Rendah Lemak


[caption id="attachment_2925" align="aligncenter" width="640"]makanan sehat penambah berat badan makanan sehat penambah berat badan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Protein berperan penting dalam proses pembentukan otot agar volume badan terlihat lebih besar. Tapi bukan berarti anda bisa makan sembarang lemak yang justru bisa membahayakan tubuh anda nantinya. Pilihan yang tepat ialah protein rendah lemak, seperti susu low-fat, daging ayam tanpa kulit, ikan, telur, almon, biji bunga matahari, produk kedelai dan sumber protein sehat yang lainnya.

  1. Buah Dan Sayuran Segar


Buah-buahan dan sayuran yang masih segar kaya akan vitamin dan mineral dan merupakan nutrisi yang baik untuk bisa menambah berat badan anda. Pilihlah jenis buah yang memiliki kalori tinggi, seperti pisang, mangga dan alpukat. Kalori dari buah-buahan merupakan sumber kalori yang sehat yang dibutuhkan untuk menambah berat badan.

  1. Buah-buahan Kering


Salah satu jenis makanan yang mengandung cukup nutrisi dan serat tetapi tetap rendah lemak ialah buah-buahan yang dikeringkan. Selain itu, makanan ini juga memiliki kalori yang cukup banyak, sehingga bisa memasok kalori sesuai kebutuhan tubuh agar beratnya bertambah. Yang perlu diperhatikan ialah sebisa mungkin pilihlah produk yang tidak ditambahkan pemanis seperti gula atau pemanis sintetis lainnya, karena dampaknya akan kurang baik bagi tubuh anda.

  1. Bijian Utuh


Bagi anda yang ingin menambah berat badan, disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat sebanyak 60%-70% perhari, untuk itu penting bagi anda memilih jenis karbohidrat yang baik. Hindari karbohidrat yang berasal dari tepung gandum putih, seperti roti, gantilah dengan produk yang terbuat dari bijian utuh, seperti roti gandum utuh, beras merah, tortilla chips, granola atau bisa juga popcorn tanpa tambahan rasa. Anda juga bisa menggunakan kentang sebagai sumber kalori.

  1. Lemak Sehat


Meskipun anda sedang ingin menambah berat badan, tetapi tetap tidak dibenarkan mengonsumsi lemak yang tidak baik. Lemak yang disarankan untuk dikonsumsi ialah kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, ikan atau minyak zaitun.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar