Inilah 5 Cara Alami Terbaik Untuk Detoksifikasi Tubuh

Inilah 5 Cara Alami Terbaik Untuk Detoksifikasi Tubuh

 

Detoksifikasi atau proses untuk membuang racun dan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh, baik dalam jangka panjang atau pendek, agar tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Yang dianggap sebagai racun dapat berupa zat yang sifatnya mengontaminasi nutrisi di dalam tubuh seperti pestisida, pewarna makanan, pengawet dan penguat rasa. Banyak orang berpikir bahwa detoksifikasi dilakukan dengan cara yang berat, seperti diet detoks, dimana harus menghindari makan lemak atau karbohidrat dan hanya mengonsumsi jus atau juga dengan cara berpuasa.

Padahal cara membersihkan racun dengan diet detoks justru bisa membahayakan tubuh karena bisa menyebabkan dehidrasi, anemia, kekurangan gizi serta gangguan hormon tiroid dan endrokrin. Diet detoks sebenarnya tidak perlu dilakukan, karena tubuh sudah memiliki kemampuan untuk membersihkan racun dari sistem pencernaan. Hanya diperlukan beberapa perubahan pada gaya hidup anda untuk membantu proses detoksifikasi tubuh yang akan membuat tubuh menjadi terasa lebih sehat, lebih bersemangat, lebih berenergi dan tentunya lebih fokus.

Singkirkan jauh-jauh pikiran, bahwa detoks merupakan sesuatu yang sangat berat, karena anda cukup melakukan beberapa hal sederhana berikut ini :

  1. Relaksasi dan Pulihkan Tenaga


[caption id="attachment_2832" align="aligncenter" width="640"]penawar racun alami penawar racun alami (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Bicara tentang detoksifikasi sebenarnya bukan terbatas tentang makanan, tetapi juga bagaimana caranya meremajakan kembali sel dan jaringan tubuh. Cara mudah untuk melakukannya ialah dengan tidur yang berkualitas, karena saat tidur itulah terjadi proses perbaikan sel tubuh. Agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, maka anda harus menghindari stres dan melakukan relaksasi, seperti mendengarkan musik sebelum tidur. Jika pada malam harinya, anda bisa tidur dengan nyenyak maka dijamin tubuh akan lebih segar keesokan harinya.

  1. Kurangi Junk Food


Junk food atau makanan yang sangat kurang kandungan nutrisinya, sehingga juga sering disebut dengan makanan sampah, memang kurang baik bagi tubuh. Agar mendapatkan tubuh yang lebih sehat, kurangilah konsumsi junk food, seperti makanan atau minuman yang mengandung kafein, gluten, lemak jenuh, gula, makanan olahan, atau dalam beberapa kasus juga produk olahan susu selama dua minggu. Pada awal-awal melakukannya, mungkin akan terasa berat, tapi jika anda berhasil melakukannya, maka anda akan merasakan perut lebih “kosong dan bersih”, juga kepala lebih ringan.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik atau Olahraga


Untuk membuat tubuh anda tetap bugar, maka jangan malas untuk bergerak. Lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki atau sekedar membereskan dan membersihkan rumah anda. Selain membantu menurunkan berat badan, aktivitas fisik atau olahraga teratur memiliki berbagai manfaat lainnya meningkatkan energi, membantu memperbaiki mood, meningkatkan kemampuan berpikir, dan yang tidak kalah penting ialah membantu mencegah penyakit.

  1. Makan Dengan Benar


Setelah anda mengurangi konsumsi junk food, maka mulailah untuk mengonsumsi makanan yang sehat bagi tubuh, yaitu makanan yang lengkap nutrisinya, segar, alami, dan kalau bisa organik. Selalu sediakan di rumah anda sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, tanaman polong dan juga makanan sumber protein, seperti daging, telur, susu dan lain-lain yang bebas dari kandungan bahan pengawet, juga bahan kimia berbahaya. Makanan seperti di atas kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral, akan memberikan asupan gizi yang sangat baik bagi tubuh anda, dan tentu saja akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Cukupi Cairan Tubuh


Landasan utama untuk setiap proses detoksifikasi yang baik ialah air atau cairan, jadi pastikan anda memberikan cukup cairan kepada tubuh anda. Kecukupan cairan di dalam tubuh anda mencegah konstipasi atau sembelit, yang tentunya akan membuat sampah yang ada di dalam pencernaan menumpuk. Cairan juga akan membantu membangun jaringan dalam sistem pencernaan dan hati yang merupakan kunci untuk membersihkan tubuh dari racun.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar