Cara Usir Bakteri Penyebab Penyakit Dari Tubuh Dengan 5 Bahan Alami

Cara Usir Bakteri Penyebab Penyakit Dari Tubuh Dengan 5 Bahan Alami

Selain virus dan kuman, bakteri merupakan organisme yang sering menyebabkan suatu penyakit pada manusia. Meskipun ada juga bakteri yang menguntungkan seperti yang ditemukan dalam probiotik seperti yogurt, tetapi mayoritas bakteri merugikan bahkan mematikan. Beberapa bakteri yang disebut-sebut memiliki kemampuan mematikan, contohnya ialah bakteri Treponema Pallidium yang merupakan penyebab infeksi pada organ intim yang bisa memicu HIV, dan juga Mycobacterium Tuberculosis yaitu bakteri penyebab sakit TBC.

Penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri, antara lain diare, typus, meningitis, kolera, disentri, batuk rejan dan masih banyak lagi. Jelas bahwa infeksi bakteri pada manusia tidak bisa diabaikan begitu saja, sehingga kita perlu untuk melakukan tindakan preventif atau pencegahan agar bakteri merugikan tidak masuk dan berkembang di dalam tubuh, sehingga bisa membuat tubuh menjadi jatuh sakit.

Selain dengan menggunakan obat-obatan dan suplemen kimiawi untuk mengusir dan mencegah bakteri berkembang di dalam tubuh, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya jauh lebih aman dan mengurangi efek samping yang malah bisa membahayakan bagi tubuh kita dalam jangka panjang. Selain mudah didapatkan, bahan-bahan tersebut juga cukup ekonomis sehingga tidak menguras kantong.

  1. Goldenseal


Tanaman goldenseal tumbuh di daerah pedalaman hutan Amerika Serikat yang dulu saat masa kolonial di negara itu sering digunakan untuk perawatan medis. Goldenseal juga telah lama digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk pengobatan terhadap penyakit kulit, masalah pencernaan dan juga iritasi mata.

Goldenseal merupakan antibiotik alami untuk mengatasi gangguan yang berkaitan dengan demam dan alergi yang menyerang tubuh. Anda bisa dapatkan goldenseal melalui toko online atau juga bisa anda cari di toko bahan obat herbal.

[caption id="attachment_3021" align="aligncenter" width="640"]bakteri penyebab penyakit dan cara penanggulangannya bakteri penyebab penyakit dan cara penanggulangannya (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Bawang Putih


Siapa tidak kenal dengan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini hampir setiap hari ada di dapur sebagai bahan penyedap utama masakan kita. Bawang putih mengandung senyawa alisin yang memiliki manfaat mirip dengan antibiotik penisilin yang merupakan jenis antibiotik yang efektif membasmi bakteri Stafilokokus penyebab infeksi kulit dan Streptokokus penyebab nyeri tenggorokan terutama pada anak-anak. Contoh dari antibiotik kelas pinisilin ialah amoxicillin, jadi bawang putih bisa menjadi bahan pengganti amoxicillin.

  1. Kayu Manis


Kayu manis yang biasa digunakan sebagai penyedap dalam beberapa macam minuman seperti kolak dan koktail, ternyata juga memiliki manfaat obat. Kayu manis bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Kayu manis juga mengandung senyawa eugenol yang berfungsi sebagai antiseptik dan bahkan bisa membasmi sel kanker kolon tertentu. Selain eugenol, di dalam kayu manis juga terdapat senyawa cinnamaldehyde yang memiliki fungsi menghentikan pertumbuhan bakteri Candida penyebab infeksi pada mulut, usus dan miss V. Kayu manis juga bisa mengurangi rasa mual dan muntah, dan juga bisa digunakan sebagai obat yang cukup aman mengatasi diare pada bayi.

  1. Tea Tree Oil


Tea tree oil adalah hasil penyulingan dari daun Melalueca yang banyak tumbuh di benua Australia dan sudah digunakan sebagai obat oleh suku Aborigin selama berabad-abad. Mirip dengan cinnamaldehyde pada kayu manis, tea tree oil berfungsi untuk menanggulangi bakteri Candida penyebab infeksi pada organ intim wanita.

  1. Jahe


Rempah yang memiliki rasa pedas dan memiliki khasiat menghangatkan badan ini ternyata bisa mematikan bakteri penyebab diare, dan juga manjur sebagai pengurang rasa mual pada perut. Bakteri yang bisa dihentikan pertumbuhannya oleh jahe ialah E. Coli, Salmonella dan H. Pylori yang secara umum merupakan penyebab sakit perut.

Demikianlah bakteri penyebab penyakit dan cara penanggulangannya, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar