Cara Mudah Buat Terompet Dari Sedotan Limun

Cara Mudah Buat Terompet Dari Sedotan Limun

Meskipun tahun baru telah berlalu, namun artikel ini tetap dapat bermanfaat. Biasanya menjelang tutup tahun, benda yang satu ini menjadi barang paling ramai yang dicari dan dijual. Membunyikan terompet di malam tahun baru rasanya seperti mengatakan, "Selamat Datang Tahun Baru, selamat datang kebahagiaan dan warna baru." Tradisi membunyikan terompet disertai menyalakan kembang api menjadi trend tahun demi tahun mayoritas di seluruh dunia.

Terompet tahun baru dimulai oleh bangsa Israel yang menggunakan sofar atau serunai sebagai tanda berkumpul untuk memeriksa diri. Selain itu, terompet digunakan sebagai seruan perang atau penyambutan acara keagamaan.
Cara membuat terompet
Cara membuat terompet

Terompet diperkirakan sudah ada sejak 1500 SM. Sofar terbuat dari kerang yang ditiup dan sangat mahal harganya. Sebuah Sofar harganya mencapai jutaan rupiah, semakin panjang kerang, semakin nyaring dan indah kualitas suaranya. Cara membunyikannya pun harus dengan nafas panjang dan keras. Kemudian berkembanglah Sofar menjadi serunai yang terbuat dari aneka bahan. Dimulai dari tembaga berlapis emas, kaleng, hingga terompet kertas. Entah siapa yang menemukan ide membuat terompet dari bahan kertas, yang pasti dengan bunyi yang mirip dengan sofar, kita bisa membunyikan terompet di Tahun Baru.

Kalau di tahun kebelakang anda selalu membeli terompet, apa salahnya kalau di tahun ini kita coba buat terompet sendiri. Caranya mudah kok, simak yang satu ini ya.

Pertama siapkan bahan yang diperlukan, kertas tebal atau karton, selotip, stapler, karet gelang dan sedotan limun. Oya, sedotan limun ialah sedotan yang sering dipakai saat minum jus, es kelapa. Jadi kalau mau buat sendiri, beli dulu jusnya, lalu ambil sedotannya, jadi hemat khan?

Setelah semua bahan terkumpul, ambil sedotan limun dan bagi menjadi beberapa potong.

Tips : semakin pendek potongan akan menghasilkan bunyi yang semakin nyaring.

Kemudian pipihkan sedotan dan buat salah satu sisi bagian ujungnya menjadi lancip atau segitiga, gunakan gunting untuk mempermudah. Lakukan hal yang sama pada potongan yang lain.
Tumpuk sedotan menjadi satu, gunakan selotip agar rapi. Tiup sedotan dari ujung yang runcing, ambillah bagian yang paling runcing.
Ambillah kertas tebal untuk membuat bentuk terompet. Bentuklah seperti corong, lalu gunakan stapler agar tidak lepas. Gabungkan corong dan sedotan di bagian ujung. Ikatkan dengan karet gelang.
Terompet tahun baru hasil karya sendiri siap dibunyikan. Selamat Tahun Baru. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar