Cara Mengolah Ubi Untuk Kesehatan

Cara Mengolah Ubi Untuk Kesehatan

Ubi jalar merupakan bahan karbohidrat ringan pengganti nasi. Kelebihan ubi dibanding nasi putih ialah serat yang menjadikan orang rajin mengonsumsinya sebagai bahan makanan pokok, terlihat lebih sehat dan ramping. Banyak rahasia kesehatan yang belum diketahui secara umum dari mengonsumsi ubi. Tak hanya menghilangkan rasa lapar dan membantu mengeluarkan kelebihan gas dalam perut, bahkan nyeri pada bisul dapat diatasi dengan ubi.

Ubi mengandung serat alami, sehingga perut akan lebih cepat merasa kenyang, dan membantu melancarkan buang air besar bagi anda yang memiliki keluhan sembelit atau konstipasi. Tentunya juga membantu para penderita ambeien, karena serat yang tinggi membantu mendorong sisa pencernaan keluar dari tubuh.

[caption id="attachment_2929" align="aligncenter" width="640"]cara mengolah ubi yang sehat cara mengolah ubi yang sehat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Mengonsumsi ubi jalar sebagai obat kanker dapat dilakukan dengan mengonsumsi ubi ungu kukus setiap hari untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan zat anti inflamasi pada makanan alami berwarna ungu ini dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh seperti tumor atau kanker. Untuk mengatasi gula berlebih dalam darah, menghentikan konsumsi karbohidrat tunggal, seperti roti dan nasi putih kemudian menggantinya dengan ubi akan membantu menstabilkan gula dalam darah, karena kadar indeks glikemik yang rendah. Sebagai variasi, ubi dapat direbus, dijadikan tepung pengganti terigu menjadi aneka olahan kue atau bolu, bahkan diiris tipis dan digoreng menjadi keripik manis.

Selain sebagai sumber Vitamin B tinggi dan tenaga, ubi dapat dijadikan obat luar. Caranya parut ubi yang sudah dicuci bersih, kemudian saring dengan menggunakan kain tipis. Bersihkan kulit yang sakit. Ambil air perasan kemudian oleskan pada luka, memar, bisul bahkan bagian kulit yang terkena cacar air. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Para artis yang ingin kulitnya tampak lebih cantik dan kenyal walau terkena sorot lampu shooting dapat dilakukan dengan mengonsumsi aneka penganan ubi. Untuk mendapat efek lebih, luluran dan maskeran dengan ubi akan membantu meningkatkan kekenyalan kulit, karena kandungan vitamin C ubi cukup tinggi.

Sedang untuk menjaga kesehatan mata, konsumsi ubi merah karena mengandung Vitamin A, atau dapat meneteskannya dengan pipet khusus pada mata merah. Perlu diingat, kesterilan alat dan ubi harus diperhatikan. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar