Cara Mendeteksi Sadapan Telepon dan Hack Akun Gmail

Cara Mendeteksi Sadapan Telepon dan Hack Akun Gmail

Sebagai orang yang aktif di jejaring internet, tentu berbagai kondisi mungkin terjadi. Hal ini disebabkan beberapa kondisi mudah terjadi bisa dari pihak lain atau dari orang yang mengincar sesuatu yang bernilai seperti uang dan akses dalam bentuk penyalahgunaan nama.

Untuk mendeteksi keanehan yang terjadi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai berikut :

1. Bila memiliki pesawat telepon, dapat terlihat dari suara handphone atau telepon. Untuk mengetahuinya anda dapat melakukan pengecekan dengan mudah. Coba gunakan pesawat telepon, bila sinyal terputus hubungi call center atau provider untuk memutus penyadapan.
eamanan internet
eamanan internet


2. Untuk memeriksa akun ter-hack pada default google setting, caranya ketik alamat berikut pada browser google Chrome : my account.gmail.com. Lihat kode aktivitas yang ada. Sebuah handphone tidak akan menjalankan program lebih dari 10 aktivitas sekaligus. Bila ada belasan aktivitas, artinya ada sadapan pada account google setting anda. Aktivitas e-mail berbeda-beda tampilannya. Jumlahkan baik aktivitas akun yang tersembunyi dan tidak tersembunyi.

3. Periksa akun yang terhubung dengan aplikasi perbankan. Bila ada transaksi tidak wajar artinya sudah terjadi penduplikatan password. Untuk pengguna m-banking berupa debit BCA yang menggunakan alat khusus untuk memastikan transaksi berhasil. Bila tidak berarti akun rekening sudah disadap dan ada penggandaan key m-banking.

4. Periksa rekening yang anda miliki di bank lainnya bila ada. Jangan sampai hal ini juga berulang. Blokir segera ATM, giro, check dan Kartu Kredit lalu laporkan pada bank untuk segera ditangani.

5. Penyadapan dengan modus pencurian akan menjalar ke kontak nomor yang ada di daftar ponsel. Kabarkan pada rekan atau keluarga untuk segera melakukan pemeriksaan jaringan telepon dan e-mail yang terhubung.

Untuk menghentikan cyber crime, ganti password atau nonaktifkan semua akun dan ganti nomor yang bisa dihubungi. Semoga hal ini tidak terjadi lagi pada akun yang dimiliki. Jagalah kerahasiaan password login dan ganti secara berkala bila hal ini pernah terjadi. Saya menghimbau agar semua yang membaca artikel ini melakukan pengecekan agar dana yang dimiliki di bank tidak dicuri. Terima Kasih. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar