Cara Membuat Pasta Homemade Dengan 11 Langkah Mudah

Cara Membuat Pasta Homemade Dengan 11 Langkah Mudah

 

Anda penyuka pasta seperti spageti, fetucini dan lainnya tapi merasa kurang yakin dengan kualitas pasta siap pakai yang beredar di pasaran pasti sering mengalami dilema. Ditambah dengan semakin banyaknya rumor yang mengatakan bahwa produk-produk pabrikan seringkali mengandung pengawet yang bisa membahayakan tubuh. Sedangkan jika membeli di restoran, selain harganya yang relatif mahal juga kemungkinan mereka menggunakan pasta pabrikan yang sama dengan yang ada di pasaran.

Mungkin anda pernah terpikir untuk membuat sendiri pasta di rumah dengan bahan-bahan yang anda pilih sendiri, dimana kualitasnya akan lebih terjamin. Anda juga akan lebih tenang mengonsumsinya karena yakin pasta anda merupakan pasta yang bebas dari bahan pengawet dan bahan berbahaya lainnya. Tapi anda mungkin membayangkan membuat pasta homemade merupakan pekerjaan yang ribet dan melelahkan.

[caption id="attachment_2970" align="aligncenter" width="640"]cara membuat pasta homemade cara membuat pasta homemade (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Padahal sebenarnya membuat pasta homemade tidaklah serumit dan sesulit bayangan anda. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sederhana dan mudah didapatkan di pasar atau swalayan langganan anda. Bahan utama yang digunakan pastilah tepung terigu, anda bisa menggunakan tepung terigu serbaguna tapi lebih disarankan untuk menggunakan tepung terigu dengan protein tinggi agar adonan yang dihasilkan lebih bagus dan kuat. Atau bisa mencampurkan tepung terigu dengan tepung semolina dengan perbandingan 1:1.

Setelah semua bahan siap sekarang saatnya anda mulai membuat pasta rumahan seperti yang anda inginkan,

  1. Campurkan tepung terigu dengan sedikit garam (anda bisa perkirakan sendiri disesuaikan dengan banyaknya tepung yang digunakan), aduk sampai tercampur rata.

  2. Kemudian bentuk lubang di tengahnya seperti kawah gunung yang gunanya untuk menuangkan telur.

  3. Pecahkan telur tepat di tengah lubang yang dibuat tadi, resep ini menggunakan 2 cangkir tepung terigu dengan 3 butir telur. Anda bisa kurangi atau tambahkan ukurannya sesuai kebutuhan anda. Kocok telur dengan menggunakan sendok hingga tercampur bagian kuning dan putihnya.

  4. Campurkan terigu dengan telur hingga rata dan bentuk bulat seperti bola.

  5. Uleni adonan pelan-pelan dengan menggunakan dua tangan sampai adonan terasa lembut dan elastis, kira-kira selama 15 menit. Langkah ini yang akan menentukan kualitas pasta anda nantinya. Jika belum kalis anda bisa uleni lagi. Bentuk lagi menjadi bulat seperti bola.

  6. Diamkan adonan minimal selama satu jam sampai mengembang.

  7. Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama. Ambil satu bagian kemudian giling di atas papan yang rata atau talenan menggunakan bekas botol sirup atau alat penggilas anda. Giling sampai mendapatkan adonan yang tipis.

  8. Lipatlah adonan yang sudah digiling, dengan besar gulungan sekitar 2 inchi. Kemudian potong adonan dari sisi pinggir kiri atau kanan sebesar 1 cm atau sesuai keinginan anda. Lakukan hal yang sama untuk 3 bagian adonan yang lain.

  9. Bentangkan hasil potongan-potongan tadi sehingga sekarang sudah terbentuk seperti pasta.

  10. Jika anda ingin langsung mengonsumsinya maka masaklah pasta dalam air mendidih yang ditambah dengan sedikit garam dan minyak goreng. Rebus sampai terasa empuk kemudian angkat, tiriskan dan sajikan dengan toping sesuai selera anda.

  11. Kalau masih ada sisa pasta, bisa anda keringkan dengan cara gantung atau letakkan pasta pada wadah yang berlubang atau rak, dan biarkan kering setelah itu simpanlah dalam kulkas.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar