Cara dan Tips Mudah Mengecat Rambut Sendiri

Cara dan Tips Mudah Mengecat Rambut Sendiri

Merasa bosan dengan tampilan rambut lama anda? Salah satu cara memperbaharui tampilan agar lebih fresh dan menarik selain memotong ialah dengan mewarnai rambut. Tentunya hal ini hanya bisa dilakukan bagi siapapun yang tidak terikat dengan aturan kantor atau institut pendidikan.

Bila ingin tetap melakukan pengecatan rambut, lakukan dengan memilih warna gelap yang mirip dengan warna rambut asli agar tidak tampak jelas. Warna ungu, abu, biru gelap, cokelat gelap atau merah maroon bisa menjadi pilihan agar terlihat samar. Namun, bila ingin terlihat jelas, warna putih, kuning, orange dan warna terang bisa menjadi pilihan. Selain itu, bagi wanita hamil sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan ada reaksi terhadap janin yang berakibat buruk di dalam rahim.
mengecat rambut sendiri
mengecat rambut sendiri



Tips dalam mengecat rambut sebaiknya memperhatikan bahan cat. Sebelum diaplikasikan ke rambut, pastikan tidak ada alergi di kulit. Caranya, buka kemasan cat lalu tempelkan pada bagian lengan, tunggu kira-kira 10 menit. Bila terjadi ruam atau gatal, jangan gunakan cat dengan merk yang sudah dicoba. Agar aman, pilih cat berbahan yang aman atau sedikit berbahan kimia keras.

Cara mengecat rambut sendiri cukup sederhana.

Pertama siapkan cat rambut, tempat cat, sisir, kaca dan sisir khusus untuk mengecat, pembungkus tangan dan penutup leher dan tubuh bagian atas agar tidak terkena tetesan cat.

Langkah selanjutnya, gunakan penutup badan lalu sisir rambut untuk mempermudah pengecatan. Tuangkan cat dan cairan lainnya bila ada, ada juga cat yang dicampurkan dengan air lalu aduk dengan sisir hingga rata dan biarkan 5-10 menit.

Ambil cat dengan sisir khusus, lalu usapkan pada helai rambut yang ingin diwarnai. Bila rambut anda cukup panjang dan tebal, bagi rambut menjadi beberapa bagian untuk mempermudah pengecatan dan hasil yang lebih merata.

Setelah pengecatan selesai, tutup rambut dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Diamkan selama 30-60 menit kemudian bilas dengan shampo. Blow dan keringkan rambut dengan hair dryer. Tips untuk menjaga warna pada rambut, cat kembali rambut setiap 3-6 bulan sekali. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar