Atasi Masalah Susah Tidur Dengan 5 Trik Hipnotis

Atasi Masalah Susah Tidur Dengan 5 Trik Hipnotis

Igaligo - Tidur merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, karena dengan tidur, tubuh akan kembali bugar dan segar, sehingga kita akan kembali bersemangat dalam beraktivitas melakukan rutinitas harian. Tidur juga bermanfaat untuk membuat kita lebih awet muda dan bisa terhindar dari rasa stres, karena selama tidur tubuh memproduksi kolagen dan hormon seretonin. Rasanya memang tidak ada kegiatan lain yang lebih menyenangkan dan kaya manfaat dibandingkan dengan tidur.

Tetapi masalahnya, semakin sibuk dan semakin lelah badan malah membuat kita menjadi susah tidur. Meskipun badan sudah mengirim sinyal untuk beristirahat, tapi nyatanya kantuk belum datang juga, sehingga sulit untuk memejamkan mata. Selain karena jam biologis anda yang mungkin terbiasa tidak beraturan dalam hal jam tidur, keinginan anda yang terburu-buru bisa tidur lelap justru akan membuat kantuk hilang.

Jika anda sering mengalami masalah susah tidur, mungkin ada baiknya anda mencoba melakukan trik agar mudah merasakan kantuk ala hipnotis. Yang sering kita lihat dalam hipnotis ialah membuat orang bisa tidur lelap dalam waktu yang relatif singkat.

Mengatasi susah tidur secara alami


[caption id="attachment_2986" align="aligncenter" width="640"]cara mengatasi insomnia secara alami cara mengatasi insomnia secara alami (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Hindari Hal Negatif


Salah satu penyebab susah tidur ialah pikiran yang kacau dan tidak tenang, jadi sebaiknya anda menghindari segala hal yang berpeluang akan mengganggu pikiran anda terutama saat akan berangkat tidur. Hindari hal-hal yang bisa membuat anda merasa kesal dan keki termasuk obrolan yang tidak mengenakkan hati anda.

Waktu menjelang tidur lebih baik fokuskan pikiran anda pada hal-hal yang lucu dan menyenangkan, sehingga otak akan menjadi lebih rileks dan membuat tubuh menjadi mudah merasa ngantuk.

  1. Atur Suasana Kamar


Suasana kamar tidur ternyata juga akan mempengaruhi kualitas tidur anda. Sebelum tidur, pastikan kamar dan tempat tidur anda bersih, rapi, sejuk dan gelap, agar anda cepat merasa mengantuk dan tertidur. Suasana kamar yang gelap akan mendorong otak memproduksi melatonin yang akan membuat anda lebih mudah tidur. Kalau anda membiarkan lampu kamar menyala, maka otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh bahwa hari masih terang, sehingga anda akan lebih sulit untuk merasakan kantuk dan tertidur.

  1. Hilangkan Kata “Insomnia” Dari Pikiran


Satu trik yang mudah untuk mengendalikan pikiran agar bisa cepat tertidur ialah dengan menghilangkan kata insomnia dari pikiran anda. Karena apa yang anda pikirkan akan menjadi sugesti bagi diri anda, begitu juga dengan kata insomnia.

  1. Kurangi Pemicu Sebelum Tidur


Menurut ilmu hipnotis, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari atau dikurangi konsumsinya pada malam hari jika anda ingin bisa cepat tidur. Kafein, alkoh*l, nikot^n dan gula, bisa membuat anda jauh dari rasa kantuk. Kafein yang identik dengan kopi sudah jelas sering digunakan agar kita tetap terjaga, begitu juga dengan nikot*n memiliki efek yang mirip dengan kafein terhadap tubuh. Sedangkan gula merupakan karbohidrat yang akan memicu produksi insulin yang bisa menghalangi rasa kantuk anda datang. Dan alkoh*l akan membuat tidur anda menjadi tidak berkualitas.

  1. Gunakan Aplikasi Hipnosis


Satu lagi hal mudah yang bisa anda gunakan di era digital ini yaitu aplikasi hipnosis. Banyak aplikasi hipnosis yang ditawarkan dan bisa anda ikuti, anda tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan anda, terutama yang bisa membantu anda untuk mengatasi susah tidur. Anda bisa mencari jenis aplikasi di mesin pencarian seperti google.

Demikianlah cara mengatasi susah tidur secara alami, semoga bermanfaat bagi pembaca setia Igaligo.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar