9 Cara Mengatasi Lapar Tanpa Makan Berat

9 Cara Mengatasi Lapar Tanpa Makan Berat

Rasa lapar terkadang timbul berulang meski kita sudah makan berat di jam makan normal. Apa yang terjadi bisa disebabkan cuaca yang berubah drastis menjadi panas atau dingin. Bila rasa lapar terus timbul, tentu mengganggu dan berisiko kelebihan gula di dalam darah atau disebut diabetes. Apalagi lapar yang timbul di jam tidur ketika terbangun dini hari namun malas bangkit dari tempat tidur untuk memasak.

Bila rasa lapar sering dirasakan, jangan terlalu cepat mengambil makanan. Lakukan beberapa cara berikut untuk menghindari dan menghilangkannya.

1. Minum banyak air


Minum air mineral dalam jumlah banyak dalam sekali minum dengan cepat. Otak kita akan merespon dan membuat lambung penuh. Sebaiknya konsumsilah air hangat. Dengan cepat rasa lapar akan segera hilang, ini efektif di saat udara dingin.

2. Mengunyah permen




[caption id="attachment_2885" align="aligncenter" width="626"]cara menghilangkan rasa lapar tanpa makan Cara menghilangkan rasa lapar tanpa makan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Mengunyah permen akan menstimulasi rasa manis di lidah dan merilekskan syaraf, membantu mengurangi rasa lapar di perut. Rasa lapar secara perlahan akan berhenti.

3. Melakukan aktivitas yang digemari


Menyibukkan diri akan membuat lupa akan rasa lapar, bahkan di saat jam makan. Alihkan konsentrasi akan hal lain yang menyenangkan seperti berolahraga, bekerja, membaca buku, menonton tv, bernyanyi, dan sebagainya.

4. Menghirup udara segar


Pergi ke taman melihat pemandangan, seperti tanaman hijau dan sambil menikmati udara segar akan meringankan kerja otak.

5. Ngobrol atau Tertawa


Ajak teman berbicara kemudian bicarakan hal segar, humor atau cerita lucu. Berbincang-bicang, chat, dan tertawa akan membuat lupa rasa lapar yang mengganggu bahkan bisa membuat lupa dengan waktu.

6. Jauhi stres.


Adakalanya orang yang lapar cenderung makan banyak sehingga mudah timbul rasa lapar. Cara menghilangkannya ialah dengan membuang stres, alihkan pikiran dengan memikirkan impian yang belum tercapai lalu menyelesaikan masalah yang menekan anda.

7. Tidur.


Beristirahat merupakan cara mudah lainnya menghilangkan rasa lapar. Mengistirahatkan badan sambil merebahkan diri akan mengurangi dan melupakan lapar.

8. Minum Es


Di udara yang panas, rasa lapar akan lebih mudah timbul karena kalori di dalam tubuh yang terbakar. Minumlah air es untuk meredakan rasa lapar, es akan menyejukkan kerongkongan dan merilekskan otak, sehingga rasa lapar jauh berkurang.

9. Pijat.


Bila seluruh point di atas kurang ampuh, pijatlah bagian belakang telinga kiri dan kanan secara memutar menggunakan jari telunjuk secara bersamaan atara kiri dan kanan searah, lakukan hingga pijatan memberi stimulasi ke otak untuk berhenti lapar. (SRH)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar