7 Cara Mengejutkan Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

7 Cara Mengejutkan Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Hal apakah yang paling membuat malas orang ketika ingin menurunkan berat badan? Jawabannya ialah olahraga. Karena sekalipun kita melakukan diet tertentu untuk menurunkan berat badan, cara tersebut akan menjadi kurang efektif kalau tidak dibarengi dengan olahraga. Kemudian yang terjadi ialah kita membuat pembenaran untuk tidak melakukan olahraga seperti, sibuk, capek dan lain sebagainya.

Walaupun sebenarnya olahraga merupakan kunci sukses menurunkan berat badan, karena dengan berolahraga, kalori dalam tubuh akan dibakar dan diubah menjadi energi serta untuk membentuk otot, tapi jika anda termasuk orang yang benar-benar malas melakukan olahraga, maka ada beberapa cara mengejutkan yang ternyata bisa membantu mengurangi berat badan tanpa harus berolahraga. Tentunya cara tersebut juga harus tetap bisa menjaga kesehatan anda.

  1. Meredupkan Lampu Dan Pelankan Suara


[caption id="attachment_2998" align="aligncenter" width="640"]menurunkan berat badan tanpa olahraga menurunkan berat badan tanpa olahraga (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Menurut studi yang dilakukan oleh Cornell, orang yang pergi makan ke rumah makan dengan lampu yang redup dan musik yang lembut ternyata mengalami penurunan kalori sebesar 175 kal dibandingkan dengan mereka yang makan di tempat yang sama, tetapi dengan lampu yang lebih terang dan musik yang lebih keras.

Prof. Wansink dalam bidang perilaku konsumsi mengatakan hal itu terjadi karena saat lampu lebih redup, kita akan makan lebih lambat dan makanan menjadi lebih dingin. Dengan makan lebih lambat, maka jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dan makanan yang lebih dingin akan mengurangi selera makan, sehingga kita tidak makan secara berlebihan.

  1. Kurangi Ukuran Piring Anda


Dengan menggunakan piring yang ukurannya lebih kecil dari biasanya, ternyata bisa mengurangi sebanyak 23% dari porsi makanan yang kita konsumsi. Ini merupakan cara yang cukup mudah untuk mengurangi kalori. Begitu juga dengan menggunakan sendok yang ukurannya lebih kecil, maka anda akan bisa mengurangi hingga 14% kalori yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Nikmati Cemilan Anda


Meskipun cara ini belum tentu efektif untuk semua orang, tapi tidak ada salahnya dicoba. Pikiran yang lazim ada di benak banyak orang ialah ngemil akan membuat gemuk, tapi itu belum tentu benar. Dengan makan cemilan diantara waktu makan akan menghindarkan anda dari rasa lapar yang berlebihan, sehingga nantinya saat makan besar anda akan tetap makan dengan porsi normal. Pilihlah cemilan yang baik, seperti buah-buahan atau makanan dari bijian utuh.

  1. Timbang Badan Anda


Banyak orang melakukan fat denial sehingga malas untuk menimbang badannya untuk mengetahui dengan pasti apakah berat badannya naik, turun atau stabil. Kita biasanya lebih percaya pada ukuran baju, jika baju menjadi kesempitan, berarti berat badan naik dan sebaliknya.

Disarankan untuk menimbang badan anda pada waktu pagi hari setelah anda pergi ke kamar mandi / WC. Lakukan selama 7 hari berturut-turut dan hitunglah rata-rata berat badan anda, apakah berat badan anda cenderung stabil, naik atau turun.

  1. Simpan Jurnal Makanan


Tuliskan dengan jujur apa saja yang anda makan setiap hari dan perhatikan baik-baik seberapa banyak yang anda makan. Ini merupakan hal yang penting yang sering diingkari, padahal ini sangat mudah untuk dilakukan. Guna dari cara ini ialah untuk mengontrol makanan anda.

  1. Cukup Tidur


Pernahkah anda merasakan bahwa anda makan lebih banyak saat anda merasa mengantuk? Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kelelahan mengambil lebih banyak makanan meskipun apa yang menjadi penyebab pastinya masih diperdebatkan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur menghasilkan lebih banyak hormon ghrelin yang memicu nafsu makan.

  1. Makan Sarapan Sehat


Pilihan menu sarapan anda, akan menentukan seberapa lapar anda pada siang harinya. Sarapan dengan makanan yang mengandung banyak protein dapat membantu anda mengendalikan rasa lapar sepanjang hari. Telur, yogurt atau selai kacang merupakan makanan yang bisa anda jadikan menu sarapan anda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar