6 Tips Membersihkan Compact Disk Dengan Benar

6 Tips Membersihkan Compact Disk Dengan Benar

Compact Disk atau CD merupakan barang yang sudah sangat umum digunakan dan dimiliki. Kalau dulu orang memakai kaset untuk mendengarkan lagu atau menonton video, sekarang semua itu disimpan dalam bentuk compact disk. Dulu kita menyimpan data dari komputer menggunakan disket sekarang selain disimpan ke dalam flash disk atau USB, kita juga menyimpannya ke dalam compact disk. Dan masih banyak lagi penggunaan CD dalam kehidupan manusia jaman sekarang ini.

Tetapi hal yang cukup menyebalkan ialah ketika compact disk kotor, sehingga ketika kita membuka file di dalamnya seperti lagu atau film, maka hasilnya akan tidak memuaskan. Lagu atau film yang sedang kita dengarkan atau kita tonton akan menjadi tersendat-sendat contohnya. Karena kesal dan buru-buru, seringkali kita justru melakukan kesalahan saat membersihkannya, sehingga berisiko data yang tersimpan di dalamnya akan hilang atau rusak.

[caption id="attachment_2933" align="aligncenter" width="640"]cara membersihkan cd yang benar cara membersihkan cd yang benar (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Kalau anda ingin compact disk dan data yang tersimpan di dalamnya aman, anda harus memperhatikan cara membersihkan compact disk yang benar dengan langkah-langkah berikut,

  1. Sediakan kain lap yang berbahan halus seperti flanel agar tidak menggores permukaan CD. Goresan pada permukaan compact disk akan berisiko merusak data di dalamnya. Anda bisa juga menggunakan kain pembersih kacamata kemudian cuci bersih setelah dipakai.

  2. Siapkan cairan pembersihnya, anda bisa membeli cairan khusus untuk membersihkan compact disk yang banyak dijual di toko-toko. Tetapi jika sedang tidak tersedia cairan pembersih CD di rumah, anda bisa menggunakan sabun cair pencuci piring. Jangan pernah menggunakan pembersih dalam bentuk padat seperti sabun batangan untuk membersihkan CD.

  3. Jika compact disk anda terlalu kotor, mungkin karena terjatuh ke dalam kolong sehingga banyak debu dan kotoran yang menempel di atasnya, maka sediakan air hangat suam-suam kuku dan tuangkan secara perlahan air ke bagian yang kotor dalam beberapa detik saja, jangan terlalu lama. Kemudian oleskan cairan pembersih di atas permukaan CD.

  4. Lap dengan kain yang telah disediakan dengan gerakan dari arah dalam ke luar secara perlahan-lahan. Contohnya mulai lap dari arah jam 12 menuju ke arah jam 2 dan ulangi sampai seluruh permukaan CD bersih. Keringkan dengan lap lain atau tisu.

  5. Ulangi langkah yang sama untuk compact disk yang lain, dan setiap kali CD anda mulai kotor.

  6. Simpanlah CD anda secara terpisah-pisah, sehingga akan lebih mudah untuk mengecek CD mana yang sudah dibersihkan mana yang belum, sehingga tidak ada CD yang terlewat untuk dibersihkan dalam jangka waktu lama. Karena jika CD anda terlalu kotor, maka akan merusak CD player anda.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar