5 Trik Untuk Mengurangi Ketergantungan Pada Kopi Dan Kafein

5 Trik Untuk Mengurangi Ketergantungan Pada Kopi Dan Kafein

Bagi sebagian besar orang, minum kopi atau ngopi seolah sudah menjadi ritual untuk memulai hari. Bahkan banyak yang sudah sampai pada tahap ketergantungan atau adiktif, sehingga rasanya belum melek kalau belum ngopi.  Tidak cukup hanya itu, untuk yang sudah sangat kopiholic, mereka akan cenderung selalu minum kopi pada setiap kesempatan, entah itu pagi, siang atau malam.

Pada porsi yang tepat, kafein yang terdapat di dalam kopi akan membantu mengembalikan kesegaran dan konsentrasi, tetapi banyak juga masalah kesehatan yang terjadi jika anda mengonsumsi kopi dan kafein secara berlebihan. Jumlah konsumsi kafein yang disarankan setiap hari bagi orang dewasa ialah tidak lebih dari 400 mg agar tidak terjadi komplikasi bagi tubuh, seperti sakit kepala/ migrain, gangguan tidur, merasa cemas dan juga masalah pencernaan.

[caption id="attachment_2974" align="aligncenter" width="630"]menghilangkan ketergantungan kopi menghilangkan ketergantungan kopi (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Kafein tidak hanya ada di dalam kopi, tapi juga teh terutama teh hitam. Mungkin anda merasa bukan penikmat kopi sehingga merasa aman dari kafein, padahal teh yang mungkin sering anda konsumsi juga mengandung kafein, meskipun tidak sebanyak yang terdapat dalam kopi. Kopi mengandung 125-128 mg kafein dalam tiap cangkirnya sedangkan dalam satu cangkir teh hanya mengandung 55 mg kafein. Jadi jika konsumsi kafein yang disarankan tidak lebih dari 400 mg setiap hari, anda bisa menghitung sendiri berapa cangkir kopi dan teh yang boleh anda minum perhari.

Lalu bagaimana jika anda sudah termasuk orang yang mengalami ketergantungan pada kopi atau kafein, sedangkan mungkin tubuh anda mulai mengalami komplikasi buruk akibat kafein. Anda jangan kuatir dan bingung karena ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengakali tubuh setiap kali dia menagih kopi dan kafein. Hanya tinggal diperlukan komitmen anda sendiri apakah mau melakukannya atau tidak, karena tidak ada hal yang terlalu sulit untuk dilakukan asal memiliki niat yang besar.

  1. Lakukan Pelan-pelan


Anda tidak perlu serta merta berhenti minum kopi, tapi lakukanlah secara perlahan-lahan dan bertahap. Jika biasanya anda minum kopi sebanyak 5 cangkir tiap hari, maka mulailah menguranginya 1-2 cangkir. Atau anda bisa mulai mencampurkan kopi dengan bahan lainnya, seperti susu atau krim agar kandungan dan efek kafeinnya berkurang.

  1. Tingkatkan Asupan Air Putih


Minum kopi menimbulkan dehidrasi, sehingga para peminum kopi biasanya akan cenderung merasa mudah haus. Dengan minum banyak air putih, maka selain tubuh akan cukup cairan dan terasa lebih segar, juga akan meningkatkan kesehatan anda. Selain itu, air putih juga akan membantu membersihkan pencernaan anda yang bisa terganggu karena kafein pada kopi.

  1. Mulai Singkirkan Kopi, Ganti Dengan Teh


Teh memang mengandung kafein juga, tapi kadarnya jauh lebih sedikit daripada kopi, sehingga minum teh memang lebih baik daripada minum kopi, apalagi jika anda termasuk orang yang berisiko dengan kafein. Gantilah minuman kopi anda dengan teh, dan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik, pelan-pelan gantilah teh hitam dengan teh herbal.

  1. Melatih Diri


Anda mungkin akan merasakan kelelahan atau mungkin juga pusing ketika mulai berhenti atau mengurangi konsumsi kopi. Ini merupakan respon wajar tubuh terhadap perubahan pola konsumsi anda. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan yoga, tidur siang, jalan-jalan atau makan makanan yang lebih sehat. Anda juga bisa mengatasinya dengan mandi air hangat atau mandi menggunakan shower.

  1. Buat Ritual / Kebiasaan Baru


Minum kopi bisa dikatakan merupakan ritual atau kebiasaan bagi beberapa orang, sehingga agar anda bisa mengurangi kopi dan kafein dalam keseharian anda, maka salah satu yang harus anda lakukan ialah membuat ritual yang baru tanpa kafein. Anda bisa menggantinya dengan minum susu atau teh herbal dan makan kue, pizza atau buah-buahan. Anda juga bisa memulai hari dengan segelas air lemon hangat yang dicampur dengan madu. Atau apapun yang sesuai dengan selera anda asal itu bukan kopi, dan pastinya lebih menyehatkan badan, karena anda layak untuk hidup lebih sehat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar