5 Tips Mengatasi Bibir Kering Dengan 5 Bahan Alami

5 Tips Mengatasi Bibir Kering Dengan 5 Bahan Alami

 

Bibir merupakan bagian wajah yang ikut menentukan penampilan seseorang terutama pada kaum wanita.  Tetapi tidak bisa dihindari pada saat-saat tertentu, bibir kita bisa menjadi kering dan pecah-pecah dan menjadi tidak sehat. Selain mengurangi kecantikan, bibir yang kering juga bisa menimbulkan rasa perih saat kita makan makanan pedas atau asam, sehingga mengurangi kenikmatan.

Banyak faktor yang membuat bibir menjadi kering, seperti perubahan cuaca ekstrim, kurang cairan, efek dari sesuatu yang kita konsumsi dan masih banyak faktor lainnya. Cara yang paling umum dilakukan untuk mengatasi bibir kering ialah dengan rajin mengoleskan pelembab bibir atau lip balm. Tapi mungkin lip balm saja ternyata tidak cukup untuk mengatasi bibir kering anda, jika itu terjadi, maka ada baiknya anda mencoba menggunakan bahan alami untuk membantu melembapkan bibir anda.

[caption id="attachment_2941" align="aligncenter" width="640"]mengatasi bibir yang kering mengatasi bibir yang kering (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Agar hasilnya maksimal, sebelumnya kulit mati pada bibir harus dihilangkan terlebih dahulu, caranya dengan menggunakan baking soda dan gosok perlahan bibir dengan sikat gigi anda. Selanjutnya setelah dibersihkan, anda bisa pilih bahan alami yang paling sesuai dengan anda, yaitu:

  1. Madu


Tambahkan madu pada makanan dan minuman anda, atau anda juga bisa langsung meminumnya tanpa ditambahkan apapun. Gula alami pada madu berguna untuk menjaga kelembapan kulit termasuk kulit bibir. Anda juga bisa langsung mengoleskan madu pada bibir anda.

  1. Jeruk


Agar manfaat jeruk bisa maksimal dalam mengatasi bibir yang kering, maka sebelum dioleskan jeruk harus diperas terlebih dahulu. Jika anda ingin menggunakan cara langsung memakan buahnya mungkin ekstrak buah jeruk tidak bisa mengenai bibir anda, sehingga akan menjadi kurang efektif. Jeruk akan sangat bermanfaat untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah dan berdarah meskipun akan sedikit terasa perih di bibir.

  1. Lidah Buaya


Lidah buaya merupakan pelembab alami yang cukup dikenal dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Caranya cukup dengan mengoleskan bagian gel/ bagian dalam lidah buaya di atas bibir anda.

  1. Mentimun


Jika anda tidak tahan dengan rasa perih akibat air jeruk yang mengenai bibir kering anda, maka bisa diganti dengan mentimun. Manfaat mentimun untuk bibir kering hampir sama dengan buah jeruk, tetapi mentimun tidak mengandung asam sehingga tidak menimbulkan rasa perih pada bibir pecah-pecah. Blender atau parut mentimun dan oleskan pada bibir kering anda.

  1. Minyak Dan Air


Yang dimaksud minyak disini ialah minyak-minyak esensial seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak pada vitamin E. Minyak mengandung pelembap alami yang akan menjaga kelembapan bibir terutama saat musim panas/ kering sehingga bibir akan tetap sehat.

Begitu juga dengan air, terutama air putih atau air mineral. Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tidak kekurangan cairan, sehingga tubuh tidak akan mengambil cairan dari bagian tubuh yang lain yang menyebabkannya menjadi kering, seperti kulit dan bibir. Jadi pastikan anda cukup cairan dengan mengonsumsi cukup air.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar