5 Cara Mudah Membersihkan Lemak Pada Pintu Rak Dapur

5 Cara Mudah Membersihkan Lemak Pada Pintu Rak Dapur

Barang dan perlengkapan yang ada di dapur rawan terkena noda saat kita memasak, mulai dari noda sabun, sambal, saos dan yang paling sering ialah noda lemak. Noda yang satu ini juga cukup bandel untuk dibersihkan, kalau sampai salah cara membersihkannya, bisa-bisa malah jadi merusak bahan dari perabotan dapur yang kita miliki. Salah satu barang di dapur yang rawan terkena noda lemak dan memiliki harga yang lumayan mahal ialah pintu pada rak dapur atau kabinet dapur.

Noda lemak seringkali menempel tanpa kita sadari, sehingga lama-lama sudah banyak menempel di perabotan. Lemak yang menempel pada pintu rak dapur anda jika dibiarkan dalam jangka waktu lama bisa merusak perabotan tersebut, apalagi jika rak itu terbuat dari kayu. Anda harus memutar otak mencari cara untuk membersihkannya tanpa merusak bahan dari pintu rak tersebut.

[caption id="attachment_2854" align="aligncenter" width="640"]Cara membersihkan kabinet dapur Cara membersihkan kabinet dapur (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Ada beberapa cara membersihkan noda lemak dari pintu rak dapur anda, anda bisa mencobanya berulang-ulang sampai anda temukan cara yang paling pas untuk perabotan anda. Simak cara-cara membersihkan noda lemak yang menempel pada pintu rak dapur anda berikut ini:

  1. Bersihkan Dengan Sabun


Awali dengan memakai cara yang paling mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan sabun cuci piring cair dengan 2 cangkir air hangat. Gosoklah pintu rak dapur yang terkena noda dengan campuran tersebut menggunakan lap yang bersih. Gosok mengikuti serat kayu pada pintu rak, kemudian bersihkan dengan spons dan keringkan dengan handuk atau lap kering.

  1. Gunakan Baking Soda


Anda bisa menggunakan bahan pengembang kue ini sebagai bahan pembersihnya. Ambil lap bersih yang telah sedikit dibasahi, kemudian taburkan baking soda ke atasnya. Setelah itu, gosokkan pada pintu rak dapur anda, angkat bekasnya dengan spons bersih. Keringkan dengan handuk atau lap bersih.

  1. Dengan Cuka Putih


Masukkan satu cangkir cuka putih ke dalam 2 cangkir air dan campur dengan 2 sendok makan sabun cuci piring cair, kemudian aduklah sampai tercampur rata. Cara membersihkannya sama dengan cara nomor 1.

  1. Pakailah Borax


Jenis garam yang biasa digunakan sebagai pengenyal dan campuran karak (kerupuk nasi) ini bisa digunakan juga untuk membersihkan perabot anda dari noda lemak. Ambillah setengah cangkir borax (cetitet dalam bahasa jawa) masukkan ke dalam campuran cuka, sabun cuci piring dan air dengan perbandingan sama dengan nomor 3, kemudian aduk sampai rata. Celupkan lap kain yang halus ke dalamnya, kemudian gunakan untuk menggosok bagian yang terkena noda lemak. Setelah itu bersihkan dengan lap kering.

  1. Minyak Lemon


Cara yang terakhir ialah dengan menggunakan minyak lemon. Minyak ini bisa anda buat sendiri dengan cara yang cukup mudah. Kupas jeruk, sisihkan kulitnya, taruh dalam botol bersih, kemudian tuangkan minyak zaitun atau VCO sampai kuit jeruk terendam, tutuplah botol dan simpan selama 2-3 minggu. Setelah itu, buka tutup botol, ambillah kulit lemonnya dan anda sudah mendapatkan minyak lemon.

Sekarang anda bisa menggunakan minyak lemon untuk membersihkan pintu rak dapur dari noda lemak. Oleskan minyak lemon pada lap bersih kemudian gunakan untuk menggosok bagian yang terkena noda lemak. Keringkan dengan lap bersih.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar