5 Cara Ini Terbukti Mampu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

5 Cara Ini Terbukti Mampu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mungkin anda termasuk orang yang cukup pusing dengan urusan berat badan, merasa sudah melakukan segala cara agar bisa mengurangi berat badan tetapi hasilnya nihil. Tahukah anda, mungkin masalahnya terdapat di dalam sistem metabolisme tubuh anda sendiri yang menyebabkan berat badan anda tidak juga mengalami penurunan yang berarti. Metabolisme adalah proses kimiawi di dalam tubuh pada semua makhluk hidup berupa penyusunan dan penguraian zat tertentu (makanan/ minuman) agar bisa diserap oleh tubuh dengan baik.

Metabolisme terbagi menjadi metabolisme karbohidrat, metabolisme protein dan metabolisme lemak. Cara mudah untuk meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh ialah dengan melakukan gaya hidup yang sehat dan melakukan perubahan perilaku yang menunjang kesehatan. Manfaat dari meningkatnya metabolisme tubuh ialah membuat pencernaan lebih sehat, mengurangi lemak dalam tubuh, dan meningkatkan kesehatan yang akan sangat berperan juga dalam penurunan berat badan.
cara meningkatkan metabolisme tubuh
cara meningkatkan metabolisme tubuh


Jika anda ingin kemampuan metabolisme tubuh anda meningkat yang akan membantu anda mengurangi berat badan, anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Latihan di Gym

Salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh ialah dengan olahraga, terutama olahraga beban/ fitness. Latihan beban, selain akan membentuk otot anda, juga akan membuang simpanan otot yang tidak perlu, seperti lemak. Jika massa otot anda bertambah, maka metabolisme tubuh juga akan meningkat.

Sebuah studi mengatakan, jika anda melatih otot dengan keras, otot juga akan bekerja lebih keras untuk membentuk jaringan tubuh baru setelah latihan/ olahraga. Melalui proses ini, akan lebih banyak jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh dan meningkatkan kerja enzim yang membantu proses metabolisme.

Selain latihan beban anda juga bisa melakukan yoga.

  1. Minum Teh Hijau

Jika kafein di dalam kopi atau soda bisa membawa efek merugikan bagi tubuh, tapi itu tidak berlaku pada teh hijau. Teh hijau memberikan banyak manfaat bagi proses metabolisme tubuh, karena kandungan senyawa EGCG yang berperan di dalam menjaga kesehatan kardiovaskuler dan metabolisme. Mengombinasikan konsumsi teh hjau dengan latihan / olahraga rutin akan memberikan pengaruh yang cukup baik bagi metabolisme tubuh.

  1. Gunakan Olive Oil ( Minyak Zaitun)

Menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam makanan anda, akan membantu tubuh untuk membakar lemak. Minyak zaitun juga berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit, seperti gangguan metabolisme dan diabetes.

  1. Lebih Banyak Minum

Kalau anda sering merasa cepat lelah dan selalu haus, mungkin itu karena anda kurang cukup cairan di dalam tubuh. Cairan atau air akan membantu proses metabolisme bekerja dengan baik, dan tentu saja jika kekurangan cairan, metabolisme dalam tubuh akan menjadi lambat. Agar metabolisme meningkat dan bekerja dengan baik, minumlah setidaknya 6 gelas air sehari atau anda bisa juga mengonsumsi sayur dan buah-buahan untuk menambah cairan tubuh.

  1. Lakukanlah Check Up Kesehatan

Jika setelah melakukan hal yang bisa membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh, tetapi ternyata tetap saja anda belum mendapatkan hasil yang maksimal, mungkin waktunya anda pergi ke dokter. Konsultasikan masalah anda pada ahlinya agar bisa diketahui apakah ada yang salah dengan sistem tubuh anda, jadi jika memang ada yang harus diobati secara medis semuanya belum terlambat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar