5 Cara Aman Pest Control Menggunakan Minyak Peppermint

5 Cara Aman Pest Control Menggunakan Minyak Peppermint

Sebagian besar dari anda mungkin mengalami dan menghadapi persoalan yang sama, yaitu bagaimana mengendalikan hama dan hewan serangga perusak lainnya yang ada di lingkungan rumah. Jika di perkantoran, hotel, mall dan gedung–gedung komersial lainnya mereka menggunakan jasa perusahaan pest control, tetapi bagi kita yang hanya dalam skala rumahan rasanya menyewa jasa pest control bukanlah hal yang efisien, selain biayanya yang cukup mahal untuk ukuran rumahan.

Yang terlintas di dalam pikiran kita mungkin dengan menggunakan pestisida, tetapi penggunaan pestisida juga bisa menimbulkan efek berbahaya bagi diri kita sendiri. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa melakukan pest control secara mandiri yang relatif aman dan ekonomis? Ada cara yang mudah dilakukan, yaitu dengan menggunakan minyak peppermint sebagai bahan pengendali hama.

[caption id="attachment_2919" align="aligncenter" width="525"]pest control peppermint oil pest control peppermint oil (Ilustrasi/pexels)[/caption]

Aroma minyak peppermint yang kuat akan bisa mengiritasi hama, minyak dari tanaman peppermint ini bisa digunakan untuk mencegah dan mengendalikan hama dan serangga yang sering ada di lingkungan rumah kita, seperti tikus, lalat dan kutu. Anda bisa membeli minyak peppermint ini melalui toko online dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu kurang dari 50 ribu rupiah/ 100 ml. Minyak peppermint yang biasa digunakan sebagai bahan campuran dalam permen, sabun, juga obat batuk ini relatif aman juga untuk anak-anak.

Ikuti langkah-langkah berikut ini agar anda bisa melakukan pest control menggunakan minyak peppermint.

  1. Sediakan botol semprot yang biasa anda gunakan untuk menyemprot tanaman anda atau bisa juga menggunakan botol bekas cairan pelicin pakaian yang sudah dicuci bersih. Isi botol dengan air hangat sampai sekitar 2 inchi dari pucuk botol. Masukkan minyak peppermint sebanyak 2 sendok makan ke dalam botol tadi, kocok agar tercampur rata. Siap untuk digunakan.

  2. Cari tempat-tempat yang biasa didatangi hama atau serangga yang mengganggu, semprotkan campuran air dan minyak peppermint tadi sampai merata.

  3. Geser furnitur anda, semprotkan bagian lantai yang biasa tertutupi furnitur. Kemudian semprot juga tirai dan tempat lain yang mungkin digunakan hama untuk bersembunyi, seperti tanaman atau vas bunga di dalam rumah anda.

  4. Ambil kapas, celupkan ke dalam minyak peppermint sampai kapas cukup basah, peras agar tidak menetes lalu selipkan kapas basah di sela-sela jendela dan tempat lain yang sering dihinggapi lalat atau didatangi serangga / hama lainnya.

  5. Periksa kapas secara rutin, jika sudah kering bisa ditetesi dengan minyak peppermint lagi atau ganti dengan kapas yang baru.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar