4 Tips Untuk Memperbaiki Pola Tidur Anda

4 Tips Untuk Memperbaiki Pola Tidur Anda



Igaligo - Banyak orang yang masih belum menyadari pentingnya tidur bagi tubuh kita, sehingga masih saja menyepelekan kegiatan istirahat bagi tubuh ini. Tidur yang berkualitas akan membantu kita mengurangi rasa stres dan mengembalikan kebugaran tubuh. Selama tidur, tubuh memproduksi hormon serotonin yang merupakan hormon rasa bahagia yang juga akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Tetapi ada beberapa orang yang memiliki pola tidur yang kacau, entah karena kebiasaan begadang atau karena sedang berada di tempat yang memiliki zona waktu yang berkebalikan dengan tempat asalnya. Hal ini membuat jam biologis menjadi berantakan, termasuk jam tidur anda. Hal ini bisa membuat jadi susah untuk tidur atau malah tidak bisa tidur sama sekali. Orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur 7-8 jam perhari agar mendapatkan manfaat yang optimal.
tips memperbaiki pola tidur
tips memperbaiki pola tidur


Mungkin bukanlah hal yang serius jika hal tersebut hanya terjadi dalam 1-2 hari, tetapi jika sampai berhari-hari bahkan berminggu-minggu, misalnya anda sedang mendapatkan tugas kantor di luar negeri yang zona waktunya berbeda jauh dengan tempat asal anda, maka tidak ada pilihan lain kecuali anda harus berusaha untuk memperbaiki dan mengatur ulang pola tidur anda. Jika anda bingung harus bagaimana untuk memperbaiki pola tidur anda, cobalah lakukan tips berikut ini,

  1. Konsumsi “Whole Foods” Dan Multivitamin

Whole foods adalah makanan yang tidak melalui proses pengolahan pabrikan sehingga di dalamnya tidak terdapat bahan tambahan apapun. Contoh whole foods yang baik untuk anda konsumsi ialah buah dan sayuran. Makanan jenis ini akan menjaga gula darah tetap stabil, sehingga akan membantu menjaga pola tidur anda.

Selain itu, hindari juga makan dalam waktu 12 jam dari waktu anda ingin bangun, misalnya anda ingin bangun jam 5 pagi maka hindarilah makan berat lebih dari jam 5 sore karena ini akan memberi sinyal pada otak bahwa itu adalah “pagi” hari sehingga rasa kantuk justru akan hilang.  Lebih baik anda makan buah atau sayur dan konsumsi teh herbal. Untuk menjaga daya tahan tubuh, jangan lupa untuk mengonsumsi multivitamin.

  1. Lakukan Yoga Atau Meditasi

Yoga atau meditasi akan sangat membantu tubuh kita untuk mengatasi rasa stres, dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang merupakan faktor penting yang akan membuat tidur anda berkualitas. Jadi jika anda punya masalah dengan pola tidur yang tidak menentu, salah satu sebabnya mungkin anda sedang merasa stres, atau tubuh anda sedang tidak dalam kondisi rileks, coba atasi dengan melakukan yoga atau meditasi.

  1. Tidurlah Selama 7-8 Jam Setiap Hari

Sudah disebutkan bahwa waktu tidur yang baik untuk orang dewasa ialah selama 7-8 jam perhari. Agar angka kecukupan ini bisa tercapai, sebaiknya hindari mengambil waktu ekstra untuk tidur di luar jam tidur malam anda. Misalnya tidur selama 2 jam saat anda libur atau saat akhir pekan karena ini bisa mengacaukan pola tidur dan jam biologis anda pada saat anda bekerja.

  1. Matikan Lampu Saat Tidur

Mematikan lampu kamar saat tidur akan mengirimkan sinyal kepada otak bahwa ini merupakan “malam” hari sehingga tubuh akan merasakan kantuk dan bisa tidur dengan nyenyak. Hal ini terutama bisa anda lakukan jika anda harus terjaga untuk melakukan pekerjaan pada malam hari, sehingga harus membalik jam tidur anda. Tutuplah tirai atau gorden pada jendela kamar untuk membantu mendapatkan suasana kamar yang mirip pada malam hari.

Setelah bangun, segera bukalah tirai jendela anda dan biarkan cahaya masuk sehingga akan mengembalikan jam biologis anda pada “siang” hari.

Demikianlah 4 Tips Untuk Memperbaiki Pola Tidur Anda, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar