4 Cara Melatih Kemampuan Berpikir Positif

4 Cara Melatih Kemampuan Berpikir Positif

 

Berpikir positif membawa banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan psikis manusia. Dengan berpikir positif, kita akan lebih mampu memahami segala persoalan dari sudut pandang yang baik, mampu mengambil hikmah dari segala masalah yang datang, sehingga akan belajar bagaimana melakukan sesuatu dengan benar dan lebih baik dari sebelumnya. Cara berpikir yang positif juga akan membuat orang menjadi lebih bersemangat dalam menjalani segala aktivitas dan rutinitasnya.

Berpikir positif juga akan membuat tubuh lebih sehat dan lebih kecil risiko terkena penyakit dari yang ringan sampai penyakit yang serius. Salah satu manfaat pikiran yang positif ialah menjauhkan dari rasa stres, sedangkan stres bisa membuat daya tahan dan kekebalan tubuh menurun. Kekebalan tubuh yang menurun membuat tubuh menjadi mudah sakit.

[caption id="attachment_2978" align="aligncenter" width="630"]Berpikir positif Berpikir positif (Ilustrasi/pexels)[/caption]

Bagi orang yang mampu berpikir positif, hilangnya satu kesempatan berarti kesempatan untuk meraih hal yang lain. Misalnya ketika karir anda tidak berjalan sesuai impian anda atau malah anda baru saja kehilangan pekerjaan, jika anda orang dengan pikiran yang positif, anda akan menyikapinya sebagai kesempatan untuk belajar menjadi wirausaha, atau anda bisa melanjutkan pendidikan lagi. Tidak pernah ada kata menyerah untuk orang dengan kemampuan berpikir positif.

Tapi tentu saja bagi beberapa orang, kemampuan berpikir positif memang perlu untuk dilatih, anda pun bisa melakukannya jika anda memiliki kemauan.

  1. Buat Gambaran Tentang Diri Sendiri


Pikirkan baik-baik dan temukan hal apa yang benar-benar anda inginkan, lalu buatlah gambaran bagaimana cara untuk mencapai dan mewujudkannya. Anda juga bisa meminta bantuan teman atau siapapun yang anda pandang cukup mampu untuk menjadi mentor dan motivator anda, minta dia untuk memberikan dukungan dan saran, terutama pada saat anda merasa sedang “down” agar anda bisa segera kembali bangkit dan bersemangat.

  1. Buatlah Rencana


Setelah anda tahu apa yang anda inginkan, bagaimana cara mewujudkannya dan siapa yang bisa membantu anda, maka saatnya untuk bertindak. Mulailah membuat rencana untuk mencapai tujuan anda dengan keyakinan bahwa anda pasti akan berhasil. Buatlah rencana yang sederhana terlebih dahulu agar kemungkinan berhasil lebih besar, kemudian baru melangkah dengan rencana yang lebih besar lagi.

  1. Hipnotis Diri Sendiri


Hipnotis yang dimaksud disini ialah suatu usaha untuk memasuki pikiran alam sadar agar bisa melakukan pemrograman ulang pada pikiran. Tujuannya ialah untuk membersihkan pikiran–pikiran negatif yang ada, dan menggantinya dengan pikiran yang positif. Agar lebih mudah dipahami, anda bisa mengartikan ini sebagai sugesti terhadap diri sendiri. Jika anda mengatakan pada diri sendiri bahwa anda pasti bisa dan akan berhasil, maka keberhasilan sudah satu langkah lebih dekat dibandingkan jika anda merasa tidak yakin dengan apa yang akan anda lakukan.

  1. Bangga Menjadi Diri Sendiri


Anda boleh ingin meraih keberhasilan dan kesuksesan seperti orang lain, tetapi bukan berarti anda harus menjadi mereka. Anda harus bangga dengan apa yang anda miliki, bahwa anda memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tidak ada manusia yang sempurna, sehingga jangan terfokus pada kekurangan dan kegagalan anda, tapi temukan hal apa yang menjadi keistimewaan dan kelebihan anda dibandingkan dengan orang lain, kemudian asahlah hal tersebut agar menjadi lebih cemerlang.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar