3 Trik Menemukan Karir Idaman Lewat LinkedIn

3 Trik Menemukan Karir Idaman Lewat LinkedIn

Apakah anda pernah mendengar atau malah sudah memiliki akun LinkedIn? Apakah itu LinkedIn? LinkedIn merupakan aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lainnya, hanya saja isinya berbeda dengan sosial media kebanyakan yang hanya sebatas sebagai sarana komunikasi antar penggunanya saja. LinkedIn merupakan jejaring sosial yang lebih diperuntukkan bagi kepentingan karir profesional atau pekerjaan dan bisnis.

Di dalam LinkedIn terdapat ratusan perusahaan, baik yang besar, menengah ataupun usaha kecil dimana mereka bisa mengenalkan profil usaha mereka, atau juga mencari pekerja yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan-perusahaan tersebut. Melalui LinkedIn, kita juga bisa “memperkenalkan diri” agar bisa ditemukan oleh perusahaan yang kebetulan membutuhkan tenaga profesional sesuai dengan profil yang kita tuliskan di dalam profil LinkedIn. Dengan cara ini, mungkin anda tidak perlu harus melamar sana sini untuk menemukan karir idaman anda.

Jadi merupakan sebuah kesalahan jika anda menganggap kecil peran LinkedIn dalam menemukan pekerjaan dan karir idaman anda. LinkedIn akan sangat membantu anda untuk “memperkenalkan diri” kepada perusahaan yang anda inginkan tetapi pastinya anda juga harus mengetahui bagaimana triknya karena ada ratusan bahkan ribuan pencari kerja di dalam LinkedIn.

  1. Riset


Jika anda sudah merasa mentok dalam mencari pekerjaan atau dalam menjalani karir anda selama ini, maka ada baiknya anda mengamati dan belajar bagaimana cara orang lain meningkatkan karir mereka. Sebelum ada LinkedIn, kita mengalami kesusahan untuk mencari jenis pekerjaan yang pas, hanya bisa mengandalkan lowongan pekerjaan yang dimuat di media cetak.

[caption id="attachment_2893" align="aligncenter" width="640"]Menemukan karir lewat linkedin Menemukan karir lewat linkedin (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Dengan membuat akun dan menuliskan semua informasi yang dibutuhkan dalam profil LinkedIn anda, maka anda akan dengan mudah bisa mencari perusahaan apa saja yang sedang mencari pekerja sesuai kualifikasi anda, misalnya pendidikan dan pengalaman kerja yang anda miliki. Anda tinggal menuliskan/ mengajukan lamaran pada perusahaan tersebut langsung dari aplikasi ini dan tinggal menunggu panggilan untuk wawancara.

Anda juga akan terhubung dengan orang-orang yang memiliki kemiripan profil dengan anda, baik dalam pendidikan atau bidang kerja, sehingga jika anda mau, anda bisa tambahkan mereka sebagai teman dan kemudian anda bisa saling berbagi informasi dengan mereka meskipun anda tidak mengenalnya secara personal.

  1. Promosikan Diri Anda


Apalah bergabung dengan LinkedIn jika anda tidak mempromosikan diri anda sebaik mungkin. Perusahaan akan kesulitan menemukan anda, karena kurangnya informasi dalam profil anda. Tuliskan pendidikan anda, pengalaman kerja yang sudah dimiliki jika anda pernah bekerja sebelumnya, bidang apa yang anda minati, dan kalau perlu tuliskan juga prestasi-prestasi yang pernah anda capai yang bisa meningkatkan kualifikasi anda.

Jangan lupa jika anda merupakan pencari kerja, sebaiknya anda berikan gambaran singkat tentang diri anda yang membuat anda lebih bisa terlihat lebih baik dari orang lain dengan kualifikasi yang sama, sehingga nantinya perusahaan akan lebih memilih anda.

Ceritakan apa saja yang menjadi tanggungjawab anda dalam pekerjaan sebelumnya atau yang sedang anda lakukan saat ini. Perbaiki profil LinkedIn anda secara teratur, terutama saat terdapat perubahan informasi tentang diri anda.

  1. Eksekusi


Langkah terakhir ialah eksekusi. Percuma jika anda telah aktif di jejaring LinkedIn ini tetapi tidak membina hubungan dan komunikasi secara nyata. Jangan takut atau malu untuk meminta saran pada orang-orang yang lebih paham tentang pekerjaan idaman anda atau orang yang bekerja di bidang yang sama dengan anda.

Jalan kesuksesan seringkali datang dari arah yang tidak terduga, mungkin justru dari informasi dengan orang-orang yang terhubung dalam LinkedIn inilah anda bisa memulai karir idaman anda.

Berpikir kreatif dan proaktif di dalam bidang minat anda merupakan hal penting dalam menggapai langkah kemajuan karir anda. Gunakan LinkedIn secara optimal untuk memetakan karir profesional idaman anda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar